Para juara berfoto bersama sambil memegang piala dan medali yang diraih.

SERANG – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Taekwondo Indonesia (TI) Antar-Club Taekwondo Senior Banten 2018 usai digelar, Minggu (22/7), di Mall Bale Kota Tangerang. Pengcab TI Kabupaten Pandeglang berhasil naik kelas sebagai juara umum dengan meraih tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu. Pada kejurda sebelumnya, Pandeglang berada di posisi kedua.

Posisi juara kedua setelah Kabupaten Pandeglang disabet oleh Klub Black Jaguar asal Kabupaten Tangerang yang meraih tiga medali emas dan dua perak. Kemudian juara ketiga diraih Klub Thunder Academi yang meraih tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu.

Sekretaris Umum Pengprov TI Banten Fiva Zabreno menjelaskan, pada kejurda tahun ini diikuti sebanyak 257 atlet dari 34 klub taekwondo se-Provinsi Banten. “Kejuaraan dibagi atas dua kategori pertandingan, yaitu kyorugi putra dan kyorugi putri. Kemudian poomsae individu putra dan individu putri dan poomsae beregu putra dan poomsae beregu putri,” jelas Fiva, Minggu (22/7).

Kejuaraan itu juga, kata dia, sebagai salah satu persiapan TI Banten dalam menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten, di Kabupaten Tangerang, November mendatang. “Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi ajang pemanasan para atlet taekwondo kabupaten dan kota se-Provinsi Banten,” sambung Fiva.

Dalam kejurda tersebut, atlet putra terbaik diraih oleh Jasson P dari Thunder Academi dan atlet terbaik putri, yakni Fisca dari Pengcab TI Kota Cilegon.

Terpisah, Sekretaris Pengcab TI Kabupaten Pandeglang Yulia Ardini mengucapkan rasa syukur atas raihan juara umum pada kejurda tersebut. Ia berharap, prestasi yang telah berhasil diraih oleh para atlet bisa dipertahankan dan ditingkatkan pada kejuaraan selanjutnya yang lebih bergengsi.

“Tiga medali emas yang kita raih. Dari kategori poomsae dua emas, dan kyorugi putra satu  emas,” katanya.

Yulia mengapresasi para atletnya yang telah mengharumkan nama daerah pada kejuaraan itu. Sebelumnya, sambung Yulia, pada kejurda 2017 lalu Kabupaten Pandeglang berada di urutan juara umum kedua. Peningkatan tersebut, kata Yulia, merupakan hasil nyata dari latihan dan kerja keras yang dilakukan selama ini.

“Kita kemarin menurunkan 16 atlet, atlet PJP-nya ada Yuni Teja dan Gina Hapsari. Target ke depan insya Allah di Porprov Banten mendapatkan hasil yang terbaik, bisa mendulang emas,” tuturnya. (rbs/ibm/ira/RBG)