Pandemi Covid-19, Dokumen Kependudukan Warga Kota Serang Diantar ke Rumah

0
495 views
ILUSTRASI: Proses permohonan pembuatan dokumen kependudukan di Kota Serang.

SERANG- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang bakal mengantar langsung dokumen kependudukan ke rumah warga. Layanan itu diberikan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sejak pandemi virus corona, Disdukcapil sudah menerapkan layanan online. Masyarakat cukup mendaftar melalui telepon seluler dan mengambil dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil sesuai jadwal yang diberikan.

Namun, masyarakat masih terlihat berkerumun saat pengambilan dokumen di kantor Disdukcapil. Untuk itu Disdukcapil menjajaki kerjasama dengan perusahaan jasa antar. Tujuannya agar dokumen kependudukan itu langsung diantar ke rumah warga.

“Kami akan membuat perjanjian kerjasama. Tidak lama lagi,” ujar Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Arif Rahman Hakim, Kamis (30/4).

Ia mengatakan, dengan adanya kerjasama itu, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil untuk mengambil dokumen kependudukan. Sehingga kerumunan warga tidak lagi terjadi. 

Arif mengaku, selama pandemi, biaya antar akan ditanggung Disdukcapil melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK). “Namun, setelah pandemi tidak lagi,” ungkapnya.

Diakui Arif, selama pandemi corona satu bulan lebih ini, pembuatan dokumen kependudukan mengalami penurunan. Contohnya, Kartu Keluarga (KK), saat ini sekira 20 pemohon setiap hari. Sedangkan biasanya lebih dari itu.

Kata dia, semua jenis pembuatan dokumen kependudukan tetap dilayani. “Untuk perekaman, itu kalau mendesak dan keperluannya penting sekali baru dilayani. Itu juga harus mengikuti protokol kesehatan,” terangnya.

Arif menuturkan pelayanan online ini merupakan imbauan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, serta edaran Walikota Serang. Pelayanan online ini akan berlangsung sampai wabah corona berakhir. (Rostina)