Pangdam Apresiasi Kapal Babinsa Merah Putih

0
225 views
Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto (ketiga dari kiri) bersama Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar (kiri) dan Ketua DPRD Banten Andra Soni (dua dari kiri) saat launching Kapal Babinsa Merah Putih di Kampung Pagedongan Desa Sukajadi Kecamatan Carita Pandeglang, Banten, Jumat (06/11).

PANDEGLANG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menghadiri launching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang di Dermaga Nelayan, Carita, Kabupaten Pandeglang, Jumat (6/11). Dalam kunjungan itu Pangdam turut didampingi Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko dan Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar.

Rombongan Pangdam disambut Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi dan jajaran serta pertunjukan pencak silat dari Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Pandeglang.

Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang merupakan kapal ferrocement yang berukuran 10 M x 3 M dengan proses pembuatan 21 hari dengan bobot berat 3 ton. Sementara daya muat 2 ton yang menggunakan mesin diesel kubota 5GT dengan biaya pembuatan Rp17.150.000

Pembuatan kapal ini dalam rangka menyiapkan kampung nelayan tangguh untuk kepentingan di pesisir pantai dan membantu pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menetapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dandim Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi mengatakan, luasnya sektor wilayah pantai di Kodim 0601/Pandeglang dengan jumlah 370 km sehingga Babinsa perlu memiliki kapal patroli dalam rangka menangkal upaya monopoli ikan yang merugikan nelayan.

“Pembuatan kapal dilakukan oleh Babinsa secara bergantian sampai saat ini pembuatan kapal tersebut di wilayah Korem baru ada di Kodim Pandeglang,” kata Dandim.

Sementara Pangdam mengapresiasi dan bangga kepada para Babinsa yang menyelesaikan pembuatan kapal ferrocement dengan waktu 21 hari.

“Keberhasilan para Babinsa membuat kapal ferrocement yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih dengan relatif murah dapat dijadikan percontohan oleh nelayan dan diharapkan membantu Korem 064/ MY dalam meningkatkan ketahanan laut,” jelasnya.

Pangdam juga berharap pemerintah dan unsur lain agar mendukung program pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih supaya kapal ini juga dibuat secara massal ke depannya. (*)