Heri Wahidin

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang sedang merekrut calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 66 kelurahan, masing-masing PPS tiga orang. PPS terpilih akan dilantik pada 20 Juli mendatang.

“Sekarang kami sedang memverifikasi berkas PPS. Standar rekrutmennya serupa dengan PPK. Yakni terbuka, mengedepankan integritas, kompetensi, kemandirian, kapasitas, serta aturan soal tidak boleh menjabat dua periode. Memang dalam aturan ada klausul soal surat pengantar dari lurah. Sifatnya pengantar, bukan rekomendasi yang mengikat,” kata Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin, pada rapat kerja dengan PPK, di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (15/7).

Heri menuturkan, calon anggota PPS nantinya akan menjalani tes wawancara pada 17-18 Juli. Jadi PPK dalam waktu beberapa hari ke depan sudah harus mengagendakan teknis dan instrumen wawancara bagi PPS. Nanti wawancara digelar di masing-masing kecamatan dipantau langsung oleh komisioner KPU.

“Kandidat dan anggota PPS terpilih wajib dipublikasikan secara terbuka di kantor kecamatan masing-masing pada 19 Juli,” kata Heri.

Divisi SDM KPU Kota Serang Fierly Murdliat Mabruri menambahkan, dalam regulasi disebutkan bahwa PPK dan PPS diangkat dan diberhentikan oleh KPU kabupaten/kota.

“Aturan itu menegaskan bahwa seleksi PPS harus mengedepankan azas kepemiluan. PPK dan PPS itu badan ad hoc yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan KPU di daerah. Maka dia secara hirarki harus loyal kepada KPU, bukan kepada pihak manapun. Sifat independen dan profesional itu wajib dipegang anggota PPS,” kata Fierly. (Fauzan Dardiri)