Pansel Batal Gelar Pleno Bahas Lanjutan Open Bidding Asda I dan Kepala Dindikbud

SERANG – Setelah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merekomendasikan agar seleksi terbuka dua jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama dilanjutkan, panitia seleksi (pansel) belum menindaklanjutinya. Rapat pleno yang rencananya akan dihelat kemarin juga batal dilaksanakan lantaran hingga saat ini, pansel belum menerima secara fisik surat rekomendasi dari KASN tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin. “Belum (rapat pleno-red) karena kami belum terima fisiknya. Kan teman-teman wartawan yang sudah terima,” ujar Komarudin, Senin (13/1).

Komarudin mengatakan, setiap pekerjaan akan dikomunikasikan dengan KASN. Termasuk, lelang terbuka bagi jabatan eselon II lainnya yang juga kosong. Diketahui, lelang terbuka untuk jabatan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dihentikan lantaran jumlah pelamar yang memenuhi syarat kompetensi tidak mencapai tiga orang. Sedangkan untuk Kepala Biro Bina Perekonomian belum juga dipilih Gubernur hingga saat ini. “Lihat nanti apakah akan diisi mutasi atau open bidding,” tutur mantan Pj Bupati Tangerang ini.

Sebelumnya, pria yang juga Anggota Pansel ini mengatakan, pansel bakal memutuskan siapa saja peserta yang berhak ikut untuk lanjut dalam tahapan open bidding. Ada dua opsi yang disiapkan pansel untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Ia mengatakan, pansel akan menghelat rapat pleno terlebih dahulu pada awal pekan depan. “Pansel harus pleno dulu,” ujarnya.

Kata dia, dua opsi yang akan diambil pansel, yakni pertama apakah seluruh peserta akan diikutkan pada tahap selanjutnya. Kedua, hanya sebagian peserta saja yang akan lanjut ke tahap berikutnya.“Pleno itu untuk menentukan jadwal tahap selanjutnya dan siapa yang akan dipanggil,” tuturnya.

Ia mengatakan, tahap selanjutnya, yakni tes tertulis dan wawancara. Setelah pleno, pihaknya akan memberikan pengumuman lagi terkait hasil pleno pansel.

Ketua Pansel JPT Pratama yang juga Sekda Banten, Al Muktabar mengatakan, pihaknya belum menindaklanjuti rekomendasi KASN. “Nanti, koordinasi dulu dengan KASN,” ujarnya singkat.

Terkait jabatan lain yang masih kosong, Al mengatakan, pihaknya akan menyiapkan skema. “Skemanya seperti apa, mutasi kalau memang memungkinkan coba diformulasikan,” terangnya. (nna/air/ags)