Pantai Carita dan Anyer Mulai Ramai

0
1.896 views

SERANG – Kondisi objek wisata pantai di sepanjang kawasan Carita, Kabupaten Pandeglang, Cinangka dan Anyer, Kabupaten Serang pada H+1 Idul Fitri 1438 Hijriyah, Senin (26/6), mulai ramai.

Sejak pagi, arus kendaraan dari arah pusat kota Pandeglang menuju kawasan Pantai Carita ramai lancar. Begitu pula dari arah kota Cilegon menuju Anyer. Kendaraan ramai juga terpantau di jalan alternatif menuju Carita dari Mengger-Mandalawangi-Caringin dan jalan Palima-Cinangka (Palka) menuju Anyer.

Objek wisata pantai yang sudah ramai mulai dari Carita hingga Anyer seperti Karangsari, Pasir Putih, dan Carita Sea Park. Kemudian di Pasauran, Jambu, Bulakan, Teneng, Sirih, hingga Anyer.

“Hari pertama Lebaran masih sepi. Hari ini baru mulai ramai walaupun belum begitu ramai. Mulai besok sampai hari Minggu pasti lebih ramai lagi,” kata Hari Tato, pengelola wisata di Jambu, Kecamatan Cinangka, Senin (26/6).

Walaupun cuaca hujan, lanjut dia, saat libur Lebaran seperti ini, pantai tetap akan ramai dikunjungi warga.

Pantauan di objek wisata pantai, aparat kepolisian sudah siap memberikan pengaman sejak pagi yang diawali dari apel pasukan operasi Ramadniya 2017 di pantai Mercusuar, Anyer. Aparat kepolisian berjaga dan mengatur lalu lintas di lokasi rawan kemacetan, seperti di depan Pantai Karangsari dan pertigaan atau simpang Teneng.

Sementara itu, arus lalu lintas padat menjelang sore hari saat pengunjung pantai pulang. Seperti pukul 17.00 WIB, sekira 1,5 kilometer mulai dari Kosambi (setelah Karangbolong) hingga pertigaan Teneng, Cinangka, terjadi kemacetan. Banyak kendaraan dari Carita yang akan ke Kota Serang belok kanan di simpang Teneng melalui Jalan Palima-Cinangka. Di lokasi ini polisi siaga mengatur lalu lintas kendaraan dan mengurai kemacetan. Sepanjang Jalan Palima-Cinangka sore hari padat. Apalagi sekira lima kilometer dari arah Teneng kondisi jalannya rusak dan sedang ada proyek pelebaran jalan. Di Pasar Padarincang, Kabupaten Serang, jadi lokasi kemacetan. Badan jalan menyempit karena aktivitas pasar.

Arus lalu lintas cukup padat dan lancar pada sore hari hingga malam juga terjadi dari arah Carita, Labuan, Pandeglang hingga Serang. Seperti biasa, satu kilometer menjelang Pasar Batubantar dan Mengger, Kabupaten Pandeglang laju kendaraan padat merayap.

Setiap tahun Libur Lebaran, simpang Pasar Batubantar dan Mengger, serta Baros, Kabupaten Serang, menjadi titik kemacetan. (Aas Arbi)