Panwaslu Cilegon Gelar Rakernis ke Petugas Pengawas TPS

0
696 views

CILEGON – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon menggelar rapat kerja teknis (rakernis) pengawas TPS Kota Cilegon pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. Acara yang berlangsung di salah satu rumah makan di Kota Cilegon ini diikuti oleh 78 peserta pengawas TPS dari Kecamatan Cibeber, Selasa (31/1).

Komisioner Ketua Divisi SDM Panwaslu Kota Cilegon Suwardi mengaku bukan hanya Kecamatan Cibeber, rakernis akan diselenggarakan secara bertahap kepada pengawas TPS di delapan Kecamatan di Kota Cilegon. Guna penguatan kapasitas pengawas pemilu di tingkat kecamatan dalam hal pelaporan dalam bentuk alat kerja.

“Kerja pengawas pemilu selain menguasai UU Pemilu serta tahapan-tahapan dan proses. Pengawas TPS juga harus mampu membuat laporan dalam alat kerja dan menyampaikan laporan secara berjenjang” katanya.

Sementara itu, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Cilegon Siswandi mengungkapkan pentingnya sebuah dokumentasi dalam pengawasan di TPS sebagai bahan laporan yang akan dipertanggungjawabkan.

“Instrumen alat kerja pengawas pemilu secara berjenjang haruslah terdokumentasi berdasarkan fakta dan data dan laporan disampaikan sesuai tahapan. Kemudian disampaikan kepada jenjang di atasnya paling lambat satu hari setelah laporan diterima dari jenjang di bawahnya ” ujarnya.

“Kami di Panwaslu Cilegon siap mengawasi penyelenggaraan Pilgub Banten 2017 pada 15 Februari mendatang dengan berdasarkan tata aturan yang berlaku. Sesuai UU No.10 Tahun 2016 tentang Pilkada, UU No.11 Tahun 2016 tentang Pemungutan Suara, dan UU No.12 tentang Rekapitulasi. Kami akan selalu berkoordinasi dengan jajaran di Bawaslu provinsi,” tuturnya. (Riko)