Panwaslu Kota Serang: Potensi Kecurangan Pemilu Paling Fatal di Walantaka

Panwaslu Kota Serang

SERANG – Panwaslu Kota Serang menyebutkan daerah yang memiliki potensi kecurangan dari semua kecamatan di Kota Serang yang paling rawan ialah Kecamatan Walantaka. Sebab pada data Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu, daerah tersebut tingkat kerawanan kecurangannya sangat tinggi dari pada kecamatan lainnya.

Hal itu dikatakan Azat Munajat, Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, usai menghadiri pelantikan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (4/8). “Daerah Walantaka merupakan wilayah paling tinggi tingkat kecurangannya dari pada kecamatan lain. Pada Pileg kemarin, di daerah tersebut terjadi penggelembungan suara yang besar. Saya kurang hapal berapa persen tingkat kecurangannya. Namun daerah tersebut sangat fatal dan rawan terjadi kecurangan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan yang sama, lanjut Azat, pihak Panwaslu Kota Serang akan lebih fokus dan melakukan pengawasan yang maksimal terhadap wilayah-wilayah yang tingkat kecurangannya sangat tinggi. Selain Walantaka, Kecamatan Serang juga menjadi pusat perhatian Panwaslu, sebab pada Pileg 2014, daerah tersebut rawan soal jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang tak sesuai.

“Maka dari itu kami akan melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi lebih maksimal pada masyarakat, agar warga Kota Serang lebih melek lagi terkait aturan Pemilu nanti. Kami akan mencegah sedini mungkin, agar potensi kecurangan yang ada di masing-masing kecamatan minim terjadi,” katanya. (AdeF)