Panwaslu Kota Serang: Proses Rekapitulasi Penghitungan Manual Lancar

0
396 views

SERANG – Ketua Panwaslu Kota Serang Rudi Hartono menyatakan proses rekapitulasi hasil penghitungan manual di Kota Serang berjalan Kondusif. Ia menyebutkan selama penghitungan tidak ditemukan pelanggaran apapun terutama terkait money politic.

“Alhamdulillah proses penghitungan manual sudah selesai. Kami sudah bekerja maksimal mengawasi jalanya proses penghitungan manual ini mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan kota, kami tidak menemukan atau laporan dari masyarakat terkait pelanggaran berat seperti money politic. Karena yang kami khawatirkan ialah pelanggaran seperti money politik ini,” ujarnya usai pleno, Kamis (23/2).

Rudi menjelaskan, adapun temuan dan laporan pelanggaran itu sifatnya administratif. Pelanggaran tersebut seperti kesalahan penulisan di C1-KWK dan DA 1. Di kolom C 1 panitia salah mengisi kolom, seharusnya data diisi pemilih laki-laki tapi diisi di kolom perempuan. Dan pelanggaran tersebut sudah diantisipasi oleh KPU dan juga pihak terkait lainya.

“Pelanggaran-pelanggaran tersebut jadi evaluasi ke depan. Dan kami tegaskan pelanggaran tersebut tidak mempengaruhi perolehan hasil suara paslon. Karena itu sifatnya administratif saja. Dan itu sudah ditangani langsung saat kejadian,”ujarnya.

Meskipun tidak ada pelanggaran money politik, lanjut Rudi, sebelum masa tenang pihaknya menemukan beberapa pelanggaran ringan terkait aturan berkampanye, seperti menggunakan mobil bak terbuka, APK Ilegal dan pelanggaran administratif lainnya. Tidak ada pelanggaran pidana yang terjadi di Kota Serang.

“Kami kira semua masyarakat Kota Serang sudah pada dewasa dalam proses pilgub ini. Karena tak pelanggaran yang mengarah ke pidana. Semuanya berkat kedewasaan para timses masing-masing paslon dan masyarakat lainya,” ujarnya. (Adef)