TANGERANG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang membuka Posko Penerimaan Pengaduan daftar pemilih Pilkada Kota Tangerang 2018. Keberadaan posko tersebut nantinya bakal digunakan untuk menampung keluhan masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, namun belum masuk daftar pemilih sementara (DPS).

Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim mengatakan, posko yang disiapkan merupakan imbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kepada seluruh Panwaslu di tingkat kota dan kabupaten. ”Kami diinstruksikan untuk membuka posko pengaduan 27 Maret hingga 7 April nanti,” katanya, Minggu (1/4).

Kata Agus, bagi warga yang belum ter daftar dalam A.1-KWK dan juga bagimasyarakat yang belum memiliki KTP elektronik (KTP-el) atau surat keterangan (suket) untuk memilih dan masyarakat yang tidak memenuhi syarat untuk memilih (TMS) sebagai pemilih, namun masih terdaftar di DPS per TPS diinstruksikan untuk datang ke posko. ”Langsung datangi sekretariat Panwaslu Kota Tangerang saja atau Panwascam untuk aduan yang berhubungan dengan daftar pemilih,” jelasnya.

Ia telah menginstruksikan, Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk secara bergantian melakukan piket dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. ”Mareka bertugas menyediakan dan mendistribusikan formulir penerimaan pengaduan daftar pemilih yang telah disusun,” ujarnya.

Agus mengimbau, agar petugas menginventarisasi dan merekapitulasi daftar pemilih bermasalah yang diterima dari seluruh posko pengaduan yang sudah dibentuk. ”Pan-
waslu dan Panwascam harus secara berkala melaporkan daftar pemilih bermasalah yang diterima dari seluruh posko pengaduan,” pungkasnya.

KPU Kota Tangerang saat ini sedang mengupayakan untuk mencapai target partisipasi pemilh mencapai 78 persen. KPU merencanakan menggelar Fun Bike menuju pilkada
damai pada 8 April. Fun bike tersebut start dari jembatan Berendeng Sungai Cisadane di Jalan Benteng, lalu ke Jalan Daan Mogot, ke Jalan Merdeka, Jalan Imam Bonjol hingga perempatan kampus Buddhi Dharma menuju Jalan Teuku Umar. Setelah melewati jembatan Teuku Umar lalu belok kiri ke lingkar PDAM lalu ke Jalan Perintis Kemerdekaan
hingga melewati Taman Gajah Tunggal, lalu berlanjut ke Kalipasir melewati Kampung Bekelir di Jalan Kalipasir Indah hingga di Jembatan Kembarbaru menuju ke Jalan Benteng Raya hingga finis.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi me ngatakan, untuk 1.500 peserta per tama yang mendaftar berhak menda patkan snack, suvenir dan kupon undian doorprize. Peserta
yang ingin ikut fun bike bisa datang ke Kantor KPU Kota Tangerang atau menghubungi kontak yang disiapkan.

”Kami juga menggelar lomba fotografi dan lomba video kreatif seputar Pilkada
Kota Tangerang 2018. Untuk pendaftaran dibuka sejak 19 Maret hingga 31 Mei,”
ujarnya. (mg-08/dai/sub/RBG)