Parah, Sungai Warung Jaud Menghitam dan Berbau

0
64

SERANG – Warga mengeluhkan Sungai Warung Jaud yang menghitam dan berbau. Pencemaran sungai itu diduga berasal dari limbah rumah tangga salah satu komplek perumahan.

Sungai yang berada di Kampung Sakdiah, Kelurahan Warung Jaud, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, itu terlihat seperti selokan. Sepanjang sungai itu pun banyak tumbuh tanaman liar seperti eceng gondok. Air hitam itu pun menimbulkan busa di permukaan sungai.

Marsaud, 39, warga Warung Jaud mengeluhkan kondisi sungai tersebut. Pasalnya, menghitamnya air sungai sudah dialami bertahun-tahun.

“Menghitamnya sejak ada perumahan saja. Itu limbah rumah tangga, sama limbah Pasar Rau dibuang ke sini (sungai,-red) semua,” kata dia, saat ditemui di rumahnya, Kelurahan Warung Jaud, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (7/11).

Sebelum menghitam dan berbau beberapa tahun lalu, sungai tersebut biasa digunakan warga mencuci pakaian, piring, beras dan mandi. Ia memperkirakan menghitamnya sungai sudah berlangsung sepuluh tahun.

“Sekarang airnya juga bikin gatel-gatel. Banyak nyamuk. Baunya nyengat,” ucapnya.

Hasanah, 39, warga lainnya juga mengeluhkan hal yang sama. Selama ini, sungai yang berada di Jalan Warung Jaud tersebut persis seperti air selokan. Itu disebabkan karena banyak sampah yang dibuang ke sungai.

Setahun lalu, dikatakan ibu penjual sembako ini, pernah dibersihkan dengan alat pengeruk. Namun, kondisinya tetap tidak berubah.

“Penginnya dibersihkan, pengin dibangun, ditembok. Sampah jangan dibuang di kali, biar bersih. Apalagi di sini suka langganan banjir,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Syafrudin mengaku belum mendapat pengaduan dari masyarakat terkait pencemaran yang diduga limbah rumah tangga dan limbah Pasar Rau. Dalam waktu dekat, pihaknya akan meninjau ke lapangan.

“Hari Kamis (9/11), sekitar jam sepuluh, jam sebelasan, nanti berangkat bareng-bareng,” tuturnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (7/11). (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).