Paralayang Banten Gondol Emas di Kejuaraan Dunia Paralayang

SERANG – Atlet Paralayang Banten yang tergabung di Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses merebut prestasi pada Kejuaraan Dunia Paralayang Ketepatan Mendarat. Satu medali emas dan perak dipersembahkan oleh atlet Banten.

Pada kejuaraan yang berlangsung di Serbia, sejak Minggu (8/9) hingga Rabu (18/9) itu, medali emas diraih oleh Irvan Winarya pada nomor beregu. Kemudian medali perak pun direbut Irvan Winarya pada nomor perorangan.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Paralayang Banten, Asep Renggana mengucapkan syukur atlet Banten mampu membawa nama baik Indonesia di kejuaraan dunia. Prestasi ini di luar harapan, karena sebelumnya tidak ada target yang dibebankan oleh paralayang Banten.

“Kita sangat bersyukur atlet pelatda jangka panjang (PJP) Paralayang Banten berhasil mengantarkan Timnas Indonesia meraih juara dunia kejuaraan paralayang ketepatan mendarat di Serbia,” kata Areng, Rabu (18/9).

Bahkan, sambung Areng, Irvan Winarya nyaris meraih dua medali emas dari nomor perorangan. Namun karena cuaca buruk, peserta kejuaraan tidak bisa melanjutkannya. Akhirnya emas perorangan disabet atlet asal China, perunggu diraih atlet Serbia. Irvan menggondol perak.

“Setelah di Sorty 10 Irvan berhasil mengungguli atlet China, akan tetapi Sorty 10 dinyatakan tidak valid karena 25 persen peserta lomba tidak dapat menyelesaikan Sorty 10 karena cuaca buruk,” jelas Areng.

Areng berharap prestasi paralayang Banten di kejuaraan dunia itu akan berbanding lurus dengan prestasi di dalam negeri. Hanya hitungan hari, atlet paralayang Banten bakal menghadapi babak kualifikasi PON Papua 2020.

“Semoga atlet Paralayang Banten juga bisa menjadi lumbung prestasi untuk Banten pada PON Papua 2020. 22 September, Pra PON 2019 sudah akan dimulai. Harapannya semua atlet paralayang Banten bisa lolos,” harap Areng. (rbs/nda/ags)