Parigi dan Pakem Tengah Berbenah

PETIR – Kemarin (11/12), dua perkampungan di Kecamatan Petir semakin bersih. Lingkungannya ramah anak. Dua perkampungan itu di RT 014 RW 04, Kampung Parigi, Desa Cirangkong dan RT 01 RW 01, Kampung Pakem Tengah, Desa Petir.

Parigi dan Pakem Tengah sudah berbenah. Dari menyiapkan tempat sampah yang representatif, pembangunan drainase, dan pembuatan taman warga.

Pantauan tim 4 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA), drainase di Parigi semakin tertata dan rapi. Saluran pembuangan air sepanjang kurang lebih 250 meter itu diperindah dengan pembangunan pagar warna-warni. Warga juga menyiapkan tong sampah di sebelah kanan dan kiri jalan kampung.

Di Pakem Tengah, warga membuat taman. Warga memberinya nama Taman Kesetiaan. Luasnya 3×4 meter persegi. Aneka tanaman dan bunga mempercantik taman.

Tim juri perwakilan Polda Banten Kompol Alimuda Pulungan mengatakan, pada penilaian tahap kedua ini ada progres yang harus diapresiasi. Warga sudah berusaha menutupi kelemahan pada penilaian tahap pertama. “Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh warga,” ujarnya saat berada di Pakem Tengah.

Meski demikian, Alimuda masih melihat ada beberapa perkampungan yang tidak beranjak lebih baik karena tidak melakukan perubahan. “Padahal, pada penilaian tahap pertama, saya sudah memberikan masukan-masukan. Namun, tidak dijalankan,” tegasnya.

Kepala Desa Petir Hambali mengaku senang karena warganya sudah berbuat yang terbaik untuk mengikuti lomba ini. “Saya senang dengan lomba ini karena warga bisa kompak,” tegasnya. (alt/don/ira)