Paripurna Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Kamis Pekan Ini

Asep Rahmatullah.

TANGERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten akan menggelar rapat paripurna penetapan gubernur dan wakil gubernur Banten terpilih Kamis pekan ini (13/4). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah setelah menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Banten di Hotel Allium Tangerang, Senin (10/4).

“Paripurna penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih Kamis ini,  yang nanti lembaran negaranya akan kita sampaikan ke presiden melalui Mendagri,” ujar Asep kepada awak media.

DPRD Banten akan mengundang pemenang Pilgub Banten yaitu Wahidin Halim dan Andika Hazrumy. “Soal pelantikan nunggu presiden, saya belum ada waktu nanya ke presiden buat nanya kapannya,” ujar Asep sambil tertawa.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memprediksi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten akan dilakukan pada Juni mendatang beserta pelantikan sejumlah kepala daerah yang lain. “Dua bulan lagi saya kira sudah bisa (dilantik),” ujar Tjahjo menjawab pertanyaan awak media terkait perkiraan waktu pelantikan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada serentak tahun ini.

Menurut Tjahjo, proses pelantikan menunggu pelantikan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selesai dilakukan yang rencananya pada 12 April mendatang. Kemudian, pelantikan pun menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil Pilkada yang diajukan oleh sejumlah daerah. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)