Kendaraan parkir di Jalan Ahmad Yani, Kota Serang, Minggu (14/4).

SERANG – Dinas Perhubungan Provinsi Banten berencana melarang kendaraan parkir di bahu jalan protokol dari Jalan Jenderal Sudirman (Kemang) hingga Jalan Veteran (Alun-alun) Kota Serang mulai Oktober 2019. Bagi yang melanggar akan kena tilang.

Namun rencana tersebut dinilai merugikan Pemkot Serang karena parkir di bahu jalan merupakan sumber pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten Tri Nurtopo, Minggu (14/4), menjelaskan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik bangunan di jalan protokol.

Parkir di bahu jalan, menurutnya, salah satu penyumbang kemacetan di ibukota Banten ini. Apalagi, berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, parkir di bahu jalan protokol tidak diperkenankan. Dengan lebar jalan yang terbatas, kapasitas jalan akan semakin berkurang dengan adanya kendaraan yang parkir di bahu jalan.

Untuk melakukan penindakan, Tri mengaku akan menggandeng aparat kepolisian. Bahkan, pihaknya akan menderek bahkan menggembok roda kendaraan yang parkir di wilayah yang dilarang. Guna merealisasikannya, pihaknya akan membuat peraturan daerah (perda).

Mengenai rencana itu, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perparkiran pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Ahmad Yani mengaku, dilematis untuk menertibkan parkir di bahu jalan protokol. Jika ada penertiban parkir pada bahu jalan akan berdampak pada PAD dari retribusi parkir.

“Kalau Dishub provinsi ada kegiatan seperti itu, itu haknya. Tapi, dampak buat kita otomatis jalan provinsi ditertibkan, jelas ada dampak penurunan (PAD),” kata Yani.

Menurutnya, hampir 80 persen bahu jalan menjadi lahan retribusi parkir. Ia berharap Dishub Provinsi Banten bisa memberikan solusi bagi Pemkot Serang, termasuk masyarakat, perkanotoran, pemilik toko. “Jadi, jangan hanya ditertibkan saja tanpa adanya solusi. Itu yang kita tunggu solusinya seperti apa,” tutur Yani.

Solusi yang bisa dilakukan, kata Yani, dengan membangun kantong parkir di sekitar jalan protokol untuk menampung kendaraan dan mempertahankan PAD. (Rostinah/Ken Supriyono)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.