Parpol Belum Ada Yang Daftar ke KPU Cilegon

0
214
Penerimaan pendaftaran parpol di KPU Kota Cilegon.

CILEGON – Hari kedua pendaftaran verifikasi partai politik (parpol) yang dibuka KPU Cilegon, belum ada satu pun parpol yang mendaftar. Padahal petugas KPU sudah menunggu hingga 16 Oktober mendatang.

Ketua Divisi Hukum dan Pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon Habibi Haliburton mengatakan, sejak 3 Oktober lalu pembukaan pendaftaran memang sudah dimulai. “Tapi, belum ada satu pun partai yang menyerahkan berkas kepada KPU,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (4/10).

Meski ada pengurus parpol yang datang, mereka baru sebatas menanyakan soal mekanisme pendaftaran. “Sampai sekarang masih sepi-sepi saja. Kebanyakan yang datang ke sini masih tanya-tanya soal teknis pendaftaran untuk bisa mengikuti verifikasi faktual,” jelas Habibi.

Sampai kemarin, kata Habibi, masih ada parpol baru yang datang untuk memperkenalkan diri pengurus parpol baru, yakni dari Partai Indonesia Kerja (Pika) dan Partai Republik.

“Yang saya dengar, nanti juga bakal ada lagi parpol baru yang akan mendaftar untuk bisa ikut verifikasi faktual di tingkat Kota Cilegon,” ujar Habibi.

Hanya saja, kata Habibi, dirinya tidak bisa memperkirakan berapa jumlah parpol baru yang akan ikut mendaftarkan diri atau cuma sekadar untuk bersilaturahmi terlebih dulu. “Untuk jumlahnya, belum pasti. Tapi, sepertinya bakal ada lagi parpol baru yang bakal mendaftar,” tutur Habibi.

Habibi berharap, bagi parpol baru yang akan mendaftar untuk bisa ikut verifikasi faktual, lebih baik secepatnya untuk melakukan pendaftaran. “Kalau berkasnya sudah lengkap, lebih baik segera mendaftar dan jangan ditunda-tunda lagi,” harap Habibi.

Ketua KPU Fathullah mengatakan, sampai sekarang memang banyak pengurus parpol baru yang datang ke KPU. Tapi, kedatangannya hanya untuk menanyakan berkas apa saja yang harus disiapkan ketika mendaftar. “Tapi, apa pun keperluannya datang ke KPU akan kita layani,” kata Fathullah.

Menurut Fathullah, seluruh persyaratan untuk bisa mengikuti verifikasi faktual sudah diberikan ketika KPU memberikan pembekalan persiapan verifikasi faktual untuk parpol yang akan mengikuti verifikasi. “Khususnya parpol baru, kan sudah kita berikan pembekalan. Tapi jika memang masih ada yang belum paham, dipersilakan datang ke KPU,” tandasnya.

Diketahui, parpol sebelumnya sudah ada empat parpol baru, yakni Partai Perindo, Idaman, Berkarya, dan Garuda. Bila ada penambahan Partai Pika dan Partai Republik, berarti sudah ada enam parpol baru di Cilegon. (UMAM/RBG)