Parpol Peserta Pemilu Wajib Lengkapi Persyaratan KPU

0
108

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mewajibkan pada seluruh partai politik (parpol) yang akan ikut mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 untuk melengkapi persyaratan administratif, yang harus sesuai dengan peninjauan verifikasi faktual nanti.

KPU Kabupaten Serang sendiri melakukan sosialisasi tentang pendaftaran, persiapan, administrasi dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019, di Amaris Hotel, Kota Serang, Rabu (27/9) kemarin.

Ketua KPU Kabupaten Serang Nasehudin menyatakan pengumuman pembukaan peserta Pemilu pada 1-3 Oktober oleh KPU RI. Tanggal 3 hingga 16 Oktober pendaftaran di tingkat Pusat dan Kabupaten-Kota untuk menyerahkan persyaratan-persyaratan sebagaimana diatur dalam UU Pemilu PKPU 11/2017.

Dijelaskannya, data dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ada 75 partai politik yang terdaftar.

“Sosialisasi kemarin ada 13 parpol yang hadir, terdiri 11 parpol lama, minus Demokrat dan  yang baru Partai Berkarya dan Perindo. PSI, Idaman tidak hadir,” ujarnya melalui saluran telepon, Kamis (28/9).

Ia mengatakan partai lainnya belum sempat hadir pada acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Serang, padahal pihaknya membuka secara terbuka partai baru pada sosialisasi tersebut.

Ia memaparkan terkait persyaratan peserta Pemilu 2019, parpol haruslah melengkapi soft copy, misal tentang kepengurusan, keanggotaan dan domisili partai politik.

“Terkait dengan domisili dengan parpol disinkronkan dalam data administrasi untuk memastikan kesesuaian di lapangan yakni verifikasi faktual,” tuturnya.

Parpol yang terdaftar di Kemenkumham, kata dia, belum tentu menjadi peserta Pemilu 2019 oleh sebabnya tahapan-tahapan itu harus dilakukan.

Persyaratan tersebut, dijelaskan, salah satunya memiliki keanggotaan dibuktikan dengan KTP Elektronik 1 per 1000.

“Mereka tentunya memenuhi intruksi pengurus pusat karena daftarnya di pusat. 3-16 Oktober mereka menindaklanjuti kepengurusan tingkat bawah mengajukan persyaratan yang disampaikan pada KPU,” ujarnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)