Parpol Sisir Warga Terdampak Covid-19

0
882 views

SERANG – Sejumlah partai politik (Parpol) di Kota Serang mulai menyisir warga terdampak Covid-19. Penyisiran itu bertujuan agar warga yang tak terdata bantuan pemerintah mendapat bantuan dari Parpol.

Diketahui, Kota Serang memiliki 129.000 Kepala Keluarga (KK). Tetapi, hanya 82.000 KK yang bakal menerima bantuan dari pemerintah. Untuk itu, sejumlah Parpol di Kota Serang mulai menyisir dan membagikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19.

Ketua DPC Gerindra Kota Serang, Budi Rustandi mengatakan, partainya menyiapkan 10.000 paket sembako. “Kita sudah mulai (membagikan sembako-red) sambil menyisir mana-mana warga yang teriak (belum kebagian-red),” ujarnya kepada Radar Banten, Rabu (29/4).

Ketua DPRD Kota Serang ini menegaskan Parpol wajib berbagi di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, anggaran pemerintah tak dapat mengkover seluruh warga terdampak. “Kalau pemerintah (Kota Serang-red), anggarannya tidak bisa mengkover semua. Hanya 50 ribu KK, dan 32 ribu KK lainnya dari Pemprov dan Pemerintah Pusat,” kata Budi.

Kata Budi, puluhan ribu sembako itu dikumpulkan dari petinggi Gerindra Banten dan iuran anggota fraksi Gerindra DPRD Kota Serang. “Alhamdulillah ini dapat iuran. Karena sebenarnya kita berbuat (berbagi sembako-red) untuk kita semua,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD NasDem Kota Serang, Roni Alfanto mengatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan partainya saat pandemi Covid-19. Yakni, penyemprotan disinfektan dan pemberian sembako. “Kita siapkan sembako. Cuman sedang menginventarisir. Minggu depan kita mulai pembagian sembako,” katanya.

Roni mengatakan bantuan sembako tersebut dikhususkan bagi warga tak mampu yang belum tersentuh bantuan. “Tentu ini hasil iuran pengurus dan anggota fraksi NasDem. Iya, bagi yang belum tersentuh. Jumlahnya lagi dihitung. Kan harus disesuaikan,” katanya.

Sementara Ketua Fraksi Golkar Kota Serang Muji Rohman mengaku telah menerima instruksi DPP Partai Golkar awal April lalu. Kader, pengurus dan anggota legislatif diminta terlibat pencegahan dan penanganan warga terdampak Covid-19. “Alhamdulillah kita sudah ikut terlibat dalam penyemprotan. Anggota dewan diwajibkan menangani tiap dapil. Iya itu penyemprotan, pemberian sembako dan ada uang tunai,” katanya.

Ketua DPD PKS Kota Serang Hasan Basri menegaskan partainya telah menginstruksikan kader-kadernya membantu tetangga-tetangganya yang terdampak Covid-19.

“Kalau kita mendorong menumbuhkan kesadaran kader, kader harus peduli terhadap tetangganya. Malah lebih efektif,” katanya.

Langkah lainnya dilakukan DPC Partai Demokrat Kota Serang. Demokrat Kota Serang sengaja membuka Posko Peduli Covid-19 di Kantor DPC dengan menyiapkan 2.000 sembako. “Posko ini dibuka selama Ramadan. Silahkan ketua RT di Kota Serang untuk mendata warga yang belum terkover bantuan pemerintah,” pungkasnya. (fdr/nda)