SERANG – Partai Demokrat pada Pemilu 2019 untuk DPRD Banten berhasil meraih 9 kursi, bertambah satu kursi dibanding hasil pemilu 2014. Namun Demokrat harus puas di peringkat kelima di bawah Gerindra, PDIP, Golkar dan PKS. Padahal pada Pemilu 2014 dengan 8 kursi, Demokrat berada di peringkat keempat peraih suara terbanyak.

Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, merilis perolehan kursi Partai Demokrat untuk DPRD Banten hasil Pemilu 2019 sebanyak 9 kursi, terpaut 7 kursi dari Gerindra (16 kursi), 4 kursi dari PDIP (13 kursi), dan 2 kursi dari Golkar dan PKS (11 kursi).

Menurut Ketua Bappilu Partai Demokrat Provinsi Banten Azwar Anas, hasil perolehan kursi Demokrat untuk DPRD Banten bertambah satu kursi dibandingkan Pileg 2014, namun posisi Partai Demokrat hanya finish diperingkat kelima. “Untuk DPRD Banten sembilan kursi, naik satu kursi dari Pemilu 2014. Tetap dapat jatah unsur pimpinan, namun peringkat partai menurun dari keempat menjadi kelima,” kata Anas saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, di Kantor DPD Partai Demokrat Banten, Kota Serang, Selasa (14/5).

Penambahan kursi Demokrat, lanjut Anas, bukan hanya di DPRD Banten, juga di DPR RI dan DPRD kabupaten/kota. Untuk DPR RI bertambah satu kursi dibandingkan pemilu sebelumnya. “Pemilu 2014 Demokrat hanya meraih 2 kursi, pemilu 2019 kita dapat 3 kursi,” paparnya.

Di seluruh DPRD kabupaten/kota, Demokrat juga berhasil meraih 40 kursi. Bahkan di DPRD Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak berhasil memdapatkan jatah unsur pimpinan. “Ini capaian terbaik Demokrat, punya unsur pimpinan di DPRD Banten dan empat kabupaten/kota,” ungkap Anas.

Untuk menentukan kader yang duduk di unsur pimpinan dewan, Anas mengaku partai Demokrat sudah membentuk tim seleksi (timsel). “Jadi penetapan siapa yang duduk di unsur pimpinan Dewan, akan diseleksi dulu oleh timsel. Baru diusulkan ke DPP,” jelasnya.

Adapun salah satu kriteria yang akan mengisi kursi pimpinan dewan, lanjut Anas, adalah perolehan suara kader partai pada Pemilu 2019. “Caleg peraih suara terbanyak berpeluang duduk jadi unsur pimpinan Dewan, tapi masih ada kriteria lainnya, di antaranya loyalitas dan kontribusinya terhadap partai,” tuturnya.

Berikut sembilan caleg Demokrat yang akan menjadi anggota DPRD Banten periode 2019-2024. Heri Handoko (dapil Banten 2), Dedi Sutardi (Banten 3), M Nawa Said Dimyati (dapil Banten 4) dan Asep Hidayat (dapil Banten 5). Kemudian Jazuli Abdillah (dapil Banten 6), Rommy Adhie Santoso (dapil Banten 7), Imanudin Sudirman Karis dan Mahpudin (dapil Banten 8) serta Yoyon Sujana (dapil Banten 9).

“Peraih suara terbanyak adalah Mahpudin, Imanudin dan Jajuli. Mereka punya peluang menjadi wakil ketua DPRD Banten,” tegas Anas.

Kendati mengaku puas dengan capaian kursi Demokrat, Anas mengaku Partai Demokrat akan melakukan evaluasi terhadap hasil Pemilu 2019. “Kami sudah laporkan hasil pemilu kepada Ketua DPD Demokrat (Iti Octavia Jayabaya),” ungkap Anas. (Deni S)