Partai Golkar Memenuhi Syarat, Iman Minta Jaga Soliditas Partai

Ketua Golkar Cilegon Tb Iman Ariyadi (kiri) didampingi Sekretaris DPD Golkar Sutisna Abbas tersenyum saat verifikasi di Rutan Serang. FOTO: SUTISNA ABBAS FOR RADAR BANTEN

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menemui Ketua DPD Golkar Cilegon Tb Iman Ariyadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang, Selasa (6/2). KPU melakukan verifikasi faktual, yakni dengan menemui Iman sebagai salah satu syarat verifikasi.

Ketua KPU Fathullah mengatakan, kedatangannya hanya untuk melaksanakan aturan. Setiap pengurus partai politik (parpol) harus diverifikasi faktual oleh KPU sebelum ditetapkan menjadi parpol peserta pemilu. “Alhamdulillah, kami bertemu dengan Pak Iman. Dan alhamdulillah, kondisinya dalam keadaan sehat walafiat,” katanya di halaman Rutan Serang.

Setelah menemui Iman dan melaksanakan verifikasi faktual, secara otomatis Partai Golkar dinyatakan memenuhi syarat (MS). “Tadinya kan BMS (belum memenuhi syarat), tapi karena sudah menemui Pak Iman dan sudah melakukan verifikasi faktual, ya sekarang Partai Golkar sudah dianggap memenuhi syarat,” tutur Fathullah.

Ketua Divisi Hukum dan Pencalonan KPU Cilegon Habibi Haliburton mengatakan, setelah selesai melakukan tahapan verifikasi faktual terhadap pucuk pimpinan Golkar Cilegon, tahapan selanjutnya tinggal menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada pengurus DPD Partai Golkar. “Kalau penyerahan hasilnya besok (hari ini-red),” kata Habibi.

Setelah menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada pengurus Golkar Cilegon, tahapan berikutnya adalah menyerahkan hasil rekapitulasi verifikasi parpol yang ada di Kota Cilegon ke KPU Provinsi Banten. “Dari KPU Banten kemudian diserahkan lagi ke KPU RI untuk kemudian ditetapkan hasilnya seperti apa. Parpol mana saja yang dianggap lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai parpol peserta pemilu,” tutur Habibi.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Cilegon Sutisna Abbas yang mendampingi Iman saat verifikasi faktual di Rutan Serang mengatakan bahwa verifikasi kemarin dilakukan secara sederhana. “Saya dengan Haji Rahmat (salah satu pengurus Golkar Cilegon) dari Golkar yang datang ke rutan. Enggak rame-rame,” ujar Sutisna.

Dia mengaku bersyukur sebab partainya bisa memenuhi syarat, yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat. “Minggu lalu belum memenuhi syarat karena KPU belum melakukan verifikasi faktual terhadap Pak Iman. Kalau sekarang sudah, jadi ya sudah memenuhi syarat,” kata Sutisna.

Saat verifikasi faktual, lanjut Sutisna, Tb Iman Ariyadi berpesan agar pengurus DPD Golkar Cilegon selalu menjaga situasi kondusif partai. “Kalau kondisi Pak Iman, alhamdulillah, sehat selalu dan dalam keadaan segar bugar,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, Golkar pun siap mengikuti Pemilihan Umum Legislatif 2019. Menurut Sutisna, pihaknya bakal menyiapkan sebanyak 40 kader terbaik yang akan menjadi bakal calon anggota legislatif. “Dari 40 orang itu, kita targetkan bisa meraih sekitar 14 sampai 16 kursi DPRD Cilegon,” tandasnya. (Umam/RBG)