Partisipasi Warga GBA Tak Diragukan

TAKTAKAN – Partisipasi warga Griya Baladika Asri (GBA), RT 02 RW 15, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, menyambut Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tidak diragukan. Mereka telah melakukan penghijauan secara menyeluruh.

Tema hijau bermanfaat telah ditentukan warga RT 02. Secara swadaya, mereka menanam pohon cabai, tomat, kacang, terong, dan singkong di pekarangan rumah. Bahkan, di lahan fasilitas umum (fasum) di RT ini, seluas 15 x 10 meter persegi, telah dijadikan kebun tanaman obat keluarga (toga).

Ketika mengunjungi lingkungan RT 02 ini, Kamis (23/4), Radar Banten menyaksikan sejumlah warga tampak sedang bergotong royong membuat pagar. Sementara, ibu-ibu warga RT ini pun tampak sibuk menyapu halaman rumah dan menyiram tanaman. Hijau, rapi, dan bersih pun menjadi kesan Radar Banten,

Ketua RT 02 Suhartoyo mengatakan, warganya sudah melakukan penataan lingkungan sejak Maret 2020. Tema hijau bermafaat diwujudkan menggunakan uang iuran. Warga membuat kebon toga, membuat pagar, membangun pos ronda di pintu masuk lingkungan, mengadakan pot tanaman untuk pinggir jalan, dan melakukan pengecatan. 

“Partisipasi warga di GBA sangat besar,” aku Hartoyo, panggilan Suhartoyo, kepada Radar Banten.

Perubahan wajah RT 02, menurut Hartoyo, dilakukan warganya secara bertahap. Kendati setiap hari sibuk bekerja, warga bergotong royong setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Pas ada LRLA, semua program kebersihan dan keamanan lingkungan makin gencar kami jalankan,” tukasnya.

Samita, warga RT 02, menilai, LRLA mampu meningkatkan kekompakan warga untuk mengubah lingkungan menjadi lebih baik. “Kami punya aula Serba Guna Baladika yang dibangun dan dikelola secara mandiri oleh warga untuk berkegiatan, mulai dari senam, badminton, hingga rapat perencanaan penataan lingkungan,” jelasnya.

Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Drangong Esti Caroko menambahkan, ibu-ibu warga RT 02 juga siap mendukung dengan memperbanyak bunga di pekarangan rumah. “Kita sudah bikin pot gantung. Nanti ditambahkan bunganya,” ujarnya. (mg06/don)