Partisipasi Warga RW 05 Pegadingan Permai Tak Diragukan

0
326 views

KRAMATWATU – Persiapan warga RW 05, Kampung Pegadingan Permai, Desa Pegadingan, Kecamatan Kramatwatu, agak terlambat. Namun, mereka antusias menyambut Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Minggu (18/10), warga mulai membersihkan semua sudut kampungnya.

Kendati baru mulai mempersiapkan kampungnya menghadapi LKBA, perkampungan yang dihuni oleh mayoritas pensiunan PT Krakatau Steel ini sudah bersih. Tak ada sampah plastik. Hanya rumput liar saja yang banyak tumbuh di pinggir jalan.

Ketua RW 05 Waluyo mengatakan, warga membuat koordinator penataan di setiap blok. Dari bagian depan hingga bagian belakang kampung, setiap koordinator bertanggungjawab pada kebersihan dan pencapaian target penataan.

Alhamdulillah, partisipasi warga sangat besar,” kata Waluyo kepada Radar Banten.

Bukan cuma itu, ujarnya, warga juga melakukan swadaya untuk menata kampungnya. Rencananya, mereka mengecat jalan, membuat taman bermain anak, serta melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan. ”Kita akan perbanyak tanaman sayuran dan bunga,” jelas Waluyo.

Kepala Desa Pegadingan Samsudin menargetkan RW 05 menjadi kampung percontohan untuk kampung lain di Desa Pegadingan. Terutama dalam hal kekompakan warganya. ”Kekompakannya harus dicontoh, tinggal nanti kita lihat perkembangan prnataannya,” kata Samsudin.

Ia berharap, lingkungan RW 05 menjadi lebih bersih, indah, dan aman. Bahkan, Samsudin menargetkan, RW 05 di Pegadingan Permai meraih juara LKBA 2020.

”Untuk penilaian tahap pertama, warga masih persiapan. Tapi penilaian kedua nanti pasti sudah maksimal,” pungkasnya. (mg06/don)