Pasar Modern di Pandeglang Segera Berdiri

Rekrut 100 Orang Warga Lokal

Seorang warga melintas di depan lokasi proyek pembangunan pasar modern, tepatnya di ruas Jalan Labuan-Pandeglang, Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari, Kamis (8/3).

PANDEGLANG – Kepala Bidang (Kabid) Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Padeglang Surya Darmawan mengatakan, saat ini di Pandeglang sedang dibangun pasar modern. Lokasinya di ruas Jalan Labuan-Pandeglang, Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari.

Menurut Surya, target beroperasi pasar tersebut sebelum Lebaran Idul Fitri mendatang. “Gedung pasar modern berukuran 2.200 meter persegi,” katanya kepada Radar Banten, kemarin.

Ia menyebut, persiapan untuk tenaga kerja sudah dilakukan dengan melakukan perekrutan sebanyak 100 orang lebih karyawan asal Pandeglang. “Ukuran toko swalayan ini memamg pertama dan paling terbesar di Pandeglang. Kalau melihat dokumen pembangunannya, Lebaran ini sudah dibuka,” kata Surya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/3).

Surya menyebutkan, izin pembangunan pasar modern itu sudah tidak ada masalah. Seperti dimiliki izin peruntukan penggunaan tanah (IPPT), izin mendirikan bangunan (IMB), izin tempat usaha perdagangan dan jasa (SITU), dan surat izin usaha perdagangan (SIUP). “Kalau izin, itu sudah selesai sebelum awal 2017. Bahkan, sebelum bangunan gedung toko modern itu dikerjakan, IPPT, IMB, SITU, dan SIUP sudah selesai,” katanya.

Surya meyakinkan, keberadaan toko modern akan menguntungkan masyarakat. Selain merekrut tenaga kerja dari Pandeglang, juga akan membantu memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Bukan hanya itu, di sekitar kawasan itu masyarakat akan diperbolehkan berjualan,” katanya.

Terkait hal itu, Miftah, warga Kelurahan Saruni, mengaku tak keberatan dengan adanya pasar modern di daerahnya. Namun, ia berharap agar teknis pengelolaan pasar itu dilakukan terbuka. “Sementara ini, kami mengetahui akan dibangun pasar modern dari mulut ke mulut,” katanya.

Miftah mengakui, beberapa waktu lalu calon pengelola pasar modern itu sudah melakukan perekrutan karyawan. “Memang sudah sempat ada pendaftaran karyawan. Namun, lowongan kerja itu masih dibuka atau tidak hingga kini kami tidak mengetahui. Soalnya, tidak ada informasi terkait pengumumannya. Padahal, kan seharusnya diumumkan seluas-luasnya,” harapnya. (Herman/RBG)