Pasar Tunjungteja Dibuka Awal Tahun

TUNJUNGTEJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) segera membuka Pasar Tunjungteja di Desa Tunjungteja, Kecamatan Tunjungteja. Pasar ditargetkan dibuka awal 2020.

Pantauan Radar Banten, Selasa (10/12) siang di lokasi pembangunan Pasar Tunjungteja, terlihat aktivitas sejumlah pekerja. Sejumlah warga mengatur arus lalu lintas di depan pasar.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pemantauan langsung ke lokasi pembangunan pasar. Sekarang progres pembangunan Pasar Tunjungteja baru 80 persen. “Kita targetkan selesai Desember sehingga bisa dibuka pada awal tahun 2020,” kata Wahid kepada Radar Banten.

Dijelaskan Wahid, tahap selanjutnya ialah pembangunan jalan di areal depan pasar dan musala. Untuk pembangunan jalan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Serang. “Semoga minggu depan sudah mulai dikerjakan oleh PUPR,” ungkapnya.

Wahid mengungkapkan, pembangunan Pasar Tunjungteja mengeluarkan anggaran Rp4,5 miliar. Jumlah tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) Rp3 miliar, dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Rp1,5 Miliar. Pasar Tunjungteja merupakan pasar tipe C dengan luas 5.000 meter persegi. “Fasilitasnya berupa kios, pemagaran, dan kita sediakan lapak untuk pedagang kaki lima (PKL) juga,” katanya.

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas PUPR, Bappeda, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB), Dinas Perhubungan (Dishub), dan unsur pimpinan Kecamatan Tunjungteja agar pelaksanaan pembangunan pasar selama 120 hari kerja lancar. “Lokasinya strategis (lahan pasar-red), bersebelahan dengan terminal,” ungkapnya.

Wahid optimistis, Pasar Tunjungteja akan ramai dikunjungi karena lokasinya strategis. Keberadaan pasar juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Tunjungteja. “Masyarakat enggak perlu jauh-jauh kalau mau belanja atau menjual hasil bumi,” tandasnya.

Camat Tunjungteja Kusyaman menyambut baik pembangunan terminal dan pasar di wilayahnya. Menurut Kusyaman, terminal dan pasar sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. “Semoga kehadiran pasar bisa mengurangi angka pengangguran di Tunjungteja,” ujarnya. (mg06/zee/ags)