Puluhan ibu-ibu di Kampung Sirih, Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka, gotong-royong.

SERANG – Puluhan ibu-ibu di Kampung Sirih, Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang bergotong royong membersihkan sampah dan lumpur yang berada di sekitar rumah warga dan bahu jalan di tempat tinggalnya.

Pantauan Radar Banten Online, Kamis(28/7), sejak pukul 08.30 WIB, puluhan ibu-ibu semangat membersihkan halaman-halaman rumah dan bahu jalan yang masih ada sampah dan lumpur dampak banjir yang menerjang pada Minggu (24/7) lalu. Sementara bapak-bapaknya mencangkul lumpur, memindahkan dahan pohon yang berada di bahu jalan. Kaum Adam ini seolah-olah tak mau kalah dengan semangat para ibu-ibu yang sedang membersihkan selokan.

Selokan yang tertimbun lumpur diberishkan.
Selokan yang tertimbun lumpur diberishkan.

Rohmawati, salah seorang warga, mengaku gotong royong ini demi kepentingan bersama. Kaum ibu dilibatkan agar tercipta semangat gotong royong yang baik lagi. “Meskipun lokasi ini tak parah, ini tugas bersama. Tak melihat peran laki-laki atau ibu-ibu, sebab di saat kondisi seperti ini semua warga harus sadar dengan kenyamanan dan kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Kampung Sirih termasuk kampung yang terkena dampak banjir. Meski tak ada korban jiwa dan kerusakan parah, namun akses jalan masuk ke rumah warga dan toko-toko dipenuhi lumpur. Kampung Sirih berdekatan dekat Sungai Gede yang meluap saat hujan deras akhir pekan lalu. (Ade F)