Paska Demo Buruh, Kapolresta Tangerang Gelar Forum Komunikasi Pengusaha

0
5.820 views

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama anggota DPR RI Komisi III Moh Rano Alfath mengikuti forum silaturahmi para pengusaha di wilayah hukum Polresta Tangerang di PT Indonesia Electric, Panongan, Rabu (4/3).

Forum tersebut, untuk mempererat silaturahmi dan solid menjaga keamanan bersama paska terjadinya aksi demo buruh yang menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law, Selasa (3/3).

“Disini kita bersinergi bersama-sama. Kalau bersama-sama terbukti juga ada juga tadi yang terima kasih, tapi bila ada yang belum terjangkau mari kita tingkatkan komunikasinya,” kata Kapolres Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Rabu (4/3).

Kata Ade, dalam forum tersebut banyak para pengusaha yang resah dan terganggu terhadap aksi sweeping yang dilakukan para buruh saat aksi demo. Bahkan, lanjut Ade, ada sejumlah fasilitas perusahaan yang alami kerusakan oleh oknum buruh.

Menurutnya, aksi sweeping merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Karena, memaksa masuk ke pekarangan tanpa izin adalah perbuatan yang melanggar hukum dan ada sanksi pidananya.

“Aksi sweping tidak dibenarkan dan ini melanggar kesepakatan. Saya sudah berkomitmen dengan teman-teman serikat tidak ada sweping, tidak ada memaksakan kehendak, tapi ini ada oknum dan harus kira tindak tegas,” tutur dia

Pada kesempatan itu ia juga mengimbau para Bhabinkamtibmas bisa meningkatkan komunikasi dengan pihak perusahaan. Ia juga meminta waktu kunjungan Babinsa satu kali dalam seminggu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berkomunikasi.

“Saling, perusahaan juga harus saling komunikasi. Saya tanya tadi sudah kenal belum dengan Babinsa dengan Kapolsek? kalau tidak kenal bagaimana menghubungi kalau ada masalah,” ujarnya.

Terkait dengan aksi kekerasan yang terjadi di wilayah Pasarkemis saat demontrasi buruh, Ade menuturkan, akan menindak lanjuti laporan yang ada dan bertindak sesuai proporsional.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Rano Alfath sangat mengapresiasi inisiasi Kapolresta Tangerang yang mengajak para pengusaha untuk berdialog pasca aksi demonstrasi oleh para buruh. Menurut dia, kedepannya forum seperti ini bisa dijadikan sarana untuk mempertemukan antara pengusaha dengan serikat pekerja.

“Ini kegiatan yang positif menarik sekali karena dalam hal ini bisa mendengar masukan langsung ditambah kemarin ada kericuhan,” tutur Rano.

Ia berharap kejadian seperti ini tidak lagi terulang dan meminta para anggota serikat pekerja bisa menyampaikan aspirasinya dengan cara yang damai.

“Sebetulnya perusahaan-perusahaan ini kan sudah ikut juga perwakilannya untuk ikut mereka. Jadi tidak perlu lagi sampai menutup atau memaksa masuk,” tukasnya. (Wivy)