Pasokan Air Tersendat, Pelanggan PDAM Mengeluh

0
478 views
Ilustrasi.

KALANGANYAR – Sejumlah pelanggan PDAM Tirta Multatuli di Desa Cilangkap dan Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar mengeluhkan tersendatnya pasokan air bersih ke rumah mereka selama dua hari ini.

Ditambah lagi, tidak ada pemberitahuan dari manajemen PDAM terkait akan ada gangguan pelayanan di bulan Ramadan tersebut.

Euis Mulyani, warga Kampung Cempa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar menyatakan, gangguan pasokan air bersih dari PDAM sudah terjadi dua kali selama Ramadan.

Dia mengatakan, tidak mengetahui penyebab sering terjadi gangguan pasokan air bersih itu. Oleh karena, saat ini masih musim penghujan dan pasokan air baku ke instalasi pengolahan air bersih (IPA) PDAM Kalanganyar diyakini masih stabil.

“Air PDAM udah enggak mengalir sejak Sabtu (9/5) dini hari dan baru Minggu (10/5) pagi ngocor lagi, sehingga menyusahkan para pelanggan,” kata Euis kepada Radar Banten, kemarin.

Akibat pasokan air terhenti, masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih untuk mandi, mencuci, memasak, dan berwudhu. Sehingga, harus membeli air isi ulang agar tetap bisa mandi dan memasak.

“Di tengah pandemi corona seperti sekarang, manajemen PDAM mestinya memberikan pelayanan berkualitas terhadap pelanggan. Jika terjadi gangguan, segera informasikan kepada masyarakat dan berikan bantuan air bersih melalui mobil tangki air,” harapnya.

Euis berharap, ke depan tidak terjadi lagi gangguan distribusi air bersih yang merugikan pelanggan PDAM. Apabila ada gangguan harus langsung ditangani dengan cepat dan diberikan bantuan maksimal kepada masyarakat terdampak.

“PDAM sebagai perusahaan air bersih harus profesional dalam menjalankan usahanya. Enggak boleh asal, karena dampaknya dirasakan masyarakat yang setiap hari mengandalkan air bersih dari perusahaan tersebut,” tegasnya.

Tatang, warga Kampung Cibeurem, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar menyatakan hal serupa. Kata dia, sejak Sabtu (9/5) dini hari air PDAM terganggu. Padahal mestinya, gangguan harus diminimalisasi. “Masyarakat ingin PDAM optimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Jangan sampai, terus terjadi gangguan distribusi air yang dapat meresahkan masyarakat di bulan Ramadan ini,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Direktur PDAM Tirta Multatuli Oya Masri mengakui, telah terjadi gangguan distribusi air bersih dari IPA PDAM kepada pelanggan di wilayah Kalanganyar.

Penyebabnya, kata dia, karena panel control di IPA PDAM mengalami kerusakan atau trouble akibat masa listrik rendah. “Sekarang sedang diperbaiki. Mudah-mudahan tidak terbakar,” katanya. (tur/zis)