Pastikan Kesiapan Mudik, Menhub Tinjau Pelabuhan Merak

0
85

CILEGON – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Pelabuhan Merak untuk menghadapi arus mudik Idul Fitri, Sabtu (2/6). Di pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera itu Budi meninjau Dermaga VI yang akan menjadi titik konsentrasi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Di sela-sela kunjungan, Budi menjelaskan, pemerintah terus memastikan kesiapan segala fasilitas yang akan digunakan pada arus mudik dan liburan Idul Fitri serta cuti bersama tahun ini. “Tadi sebelum ke sini saya ke Pelabuhan Bakauheni dulu,” ujarnya.

Menurut Budi, fasilitas mudik baik pelabuhan, terminal serta moda transportasi umum sudah siap. Masing-masing stakeholder telah melakukan tugas, baik yang bersifat pengawasan maupun pengecekan. “Berdasarkan laporan, kapal yang akan digunakan untuk mudik sudah melalui ramp check,” katanya.

Menurut Budi, yang saat ini masih menjadi perhatian adalah lonjakan penumpang yang kerap terjadi pada malam hari. Karena itu, Budi mengimbau kepada para pemudik untuk juga melakukan perjalanan mudik pada siang hari.

Menurutnya, selain untuk mengurai penumpukan, juga demi keselamatan para pemudik.

Pantauan Radar Banten, Menhub Budi tiba di Pelabuhan menggunakan Helikopter pada pukul 12.00. Setelah mendarat, Menhub Budi langsung ke kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak untuk menerima laporan kesiapan pelabuhan itu. Setelah itu, Budi meninjau Dermaga VI serta akses untuk pemudik menggunakan sepeda motor. (Bayu/RBG)