Patung dari Sabut Kelapa Pikat Juri

0
382 views

BANDUNG – Tiga orang juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 terpikat oleh hasil kreativitas warga RW 04, Kampung Palamakan, Desa Pringwulung, Kecamatan Bandung. Di kampung ini, warganya membuat patung ayam jago dari sabut kelapa.

Kedatangan juri yang tergabung dalam Tim 24 di kampung ini, Selasa (10/11), mendapat sambutan warga. Tarian Selamat Datang diperagakan oleh gadis kecil berpakaian batik. Juri pun mendapat kehormatan untuk memotong pita, tanda penilaian RW 04 dimulai.

Juri kemudian mengelilingi lingkungan RW 04. Ibu-ibu warga kampung ini turut mendampingi.

Juri dari unsur kepolisian, AKBP Andrey Nabu memberikan penilaian positif atas kreativitas warga RW 04 dalam pengolahan sampah menjadi barang bernilai ekonomi. “Hiasan ayam jago ini (dari sabut kelapa-red) keren, inovatif banget,” tandas perwira menengah polisi dengan jabatan Kasubdit Bhabinkamtibmas di Ditbinmas Polda Banten ini.

Untuk memenuhi kriteria penilaian dari segi keamanan, warga RW 04 disebutkan sudah mempersiapkan pos ronda dengan baik. Alat keamanannya, seperti borgol, jadwal ronda, kentongan, alat pemadam api ringan dan buku mutasi tamu, telah dilengkapi.

“Di sini juga nihil tindak pidana,” tegas Andrey.

Bambang, perajin sabut kelapa, menceritakan bahwa inspirasinya membuat patung dari sabut kelapa itu muncul karena kejenuhannya di rumah karena work form home saat pandemi Covid-19. Tepatnya, ketika Bambang melihat sampah kelapa yang menumpuk di pinggir jalan. Saat itu, ia bersama warga lainnya bergotong royong mempersiapkan kampungnya untuk LKBA.

“Bosen banget di rumah, enggak ngapa-ngapain,” aku Bambang. “Saya iseng angkut kelapa itu ke rumah. Setelah gotong royong, pulang dan mulai nguprek bikin kerajinan itu,” katanya.

Untuk membuat patung ayam jago, Bambang memisahkan sabut kelapa dari batoknya. Dengan lem, ia kemudian membentuk sabut kelapa menjadi ayam jago. Setelah lem kering, patung dicat dan dipernis.

Bambang juga membuat pot dari limbah botol kemasan minuman dan galon bekas kemasan air mineral. “Nanti ingin saya kembangkan, diperjualbelikan untuk masyarakat luas,” katanya. (mg06/don)