Pawai MTQ, Lalulintas di Jalan Protokol Cilegon Arah Serang Lumpuh Total

0
626 views

CILEGON – Jalan Raya Protokol Kota Cilegon dari arah Merak menuju Serang lumpuh total, Senin (27/2). Hal disebabkan adanya rombongan pejalan kaki yang jumlahnya mencapai ribuan orang sedang mengikuti pawai Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Tingkat Kota Cilegon yang dimulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Massa gabungan dari berbagai elemen masyarakat, pelajar, dan juga para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Cilegon itu memulai langkahnya pada pawai itu dari depan halaman Pemkot Cilegon hingga depan rumah dinas walikota Cilegon. Petugas Dishub, Polisi, dan juga Satpol PP Cilegon berpencar disejumlah titik untuk mengamankan agar pawai berjalan dengan kondusif.

Rekayasa lalulintas dilakukan. Arus lalulintas dari arah Merak menuju Cilegon dan Serang dialihkan melalui Jalan Kenanga yang kemudian keluar di Simpang Matahari Lama Cilegon maupun samping Ramayana Cilegon. Sedangkan lalulintas dari arah Serang menuju Merak terpaksa harus melewati Jalan Raya Anyer yang tembus di Lampu Merah ADB Cilegon. Kemacetan dilokasi pengalihan jalan tak terelakan.

Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Fikri Ardiansyah mengatakan rekayasa lalulintas dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan lalulintas yang semakin parah. “Kita alihkan melalui Jalan Kenanga. Dan dari arah Serang menuju Anyer. Jalan depan Polres kita tutup hingga pawai usai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pawai Taaruf MTQ XVI Kota Cilegon, Andi Afandy tak menyangka jumlah peserta pawai taaruf diluar yang diprediksikan. Ia bersyukur masyarakat menyambut dengan antusias gelaran pawai tersebut. “Ini hampir sepuluh ribu jiwa. Perwakilan dari delapan Kecamatan di Kota Cilegon,” ucapnya. (Riko)