Pawai Obor Asian Games di Serang, Jalan Sudirman dan Ahmad Yani Ditutup

Anggota polisi menggelar simulasi pengamanan Asian Games di halaman Mapolda Banten, Kota Serang, Rabu (8/8). Rencananya, pada hari ini (9/8), polisi menutup sejumlah ruas jalan di Kota Serang karena ada pawai obor Asian Games.

SERANG – Sejumlah ruas jalan di Kota Serang akan ditutup selama pawai obor Asian Games, Kamis (9/8). Ruas jalan yang ditutup yaitu Jalan Jenderal Sudirman hingga jalan Ahmad Yani.

Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman mengatakan, penutupan ruas jalan utama di Kota Serang akan dilakukan pada pukul 18.00 hingga 19.00. Dimana, rute pawai obor dimulai dari Stadion Maulana Yusuf dan finis di Museum Negeri Banten, Jalan Brigjen Syamun.

“Kirab akan dimulai dari Stadion Maulana Yusuf, Ciceri dan akan melalui Jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, Jalan Veteran hingga berakhir di Museum Banten. Jadi ruas jalan dari Ciceri sampai arah ke Museum Banten akan kita tutup semua, akan alihkan kendaraan ke ruas jalan lainnya, sampai rombongan sampai di museum,” katanya, kemarin.

Ali menambahkan, selama Jalan Jenderal Sudirman hingga Ahmad Yani ditutup, kendaraan yang keluar dari arah gerbang Tol Serang Timur menuju Kota Serang akan dialihkan ke ruas Jalan KH Abdul Fatah Hasan. “Kendaraan dari arah tol masih bisa lewat. Nanti dari stadion sampai lampu merah Ciceri akan diberlakukan contra flow,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, guna mencegah terjadinya kemacetan, dampak penutupan jalan itu, Polres Serang Kota akan menerjunkan seluruh kekuatan personel dibantu anggota Polda Banten serta Dinas Perhubungan (Dishub). “Kami juga sudah siapkan kantong parkir bagi tamu, di dalam Alun-alun Barat. Sedangkan kendaraan tamu VIP bisa parkir di Pendopo Bupati Serang,” jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, Ali mengimbau pengguna jalan untuk menghindari ruas jalan yang dilalui kirab obor Asian Games 2018 dan tidak memarkirkan kendaraan di pinggir, karena akan mengganggu lalu lintas. “Mari kita bersama-sama meramaikan kegiatan kirab obor besok. Tapi, masyarakat juga harus bisa menjaga ketertiban. Sedangkan pengendara harus bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan, akan menerjunkan sekira ratusan personel untuk pengamanan kegiatan tersebut. “Totalnya 600 personel gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP, dan yang lainnya, kalau dari Polres sekitar 375 personel,” katanya.

Dengan adanya kirab obor, Komarudin mengimbau masyarakat untuk ikut menyemarakkan. Keberadaan kirab obor Asian Games merupakan momentum yang tepat untuk mengenalkan Kota Serang kepada masyarakat luas. “Terutama untuk mempromosikan Kota Serang, karena akan banyak orang (wisatawan) yang akan datang ke sini,” tandasnya. (BRP/RBG)