JAKARTA – Dukungan terhadap mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ‎menjadi capres di Pilpres 2019 mendatang mulai muncul.
Untuk pertama kalinya, Partai Bulan Bintang (PBB) menyatakan mendukung pensiunan prajurit TNI itu.

Ketua Bidang Pemenangan Presidan PBB Sukmo Harsono mengatakan, pihaknya kemungkinan besar bakal mendukung mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu di Pilpres 2019 mendatang. Alasannya ada hubungan kedekatan dan elektabilitas dari Gatot Nurmantyo saat ini.

“Iya (kemungkinan dukung Gatot), karena kalau melihat kedekatan ‎serta hasil survei, kami cenderung merapat ke Pak Gatot,” ujar Sukmo dilansir JawaPos.com, Sabtu (28/4).

Keputusan mendukung mantan Pangkostrad itu akan diumumkan pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PBB yang direncanakan digelar pada 5 Mei 2018 mendatang. “Itu akan diputuskan pada Mu‎kernas di Jakarta di Hotel Peninsula,” katanya.

Di forum mukernas tersebut juga akan diputuskan mengenai nasib Yusril Ihza Mahendra. Apakah mantan Menteri Kehakiman dan HAM itu akan dicalonkan menjadi capres, bergeser menjadi cawapres, atau justru tidak keduanya.

Untuk itu, semua keputusan tersebut akan diputuskan dalam mukernas bersama dengan para fungsionaris partai. “Pak Yusril juga akan diputuskan pada 5 Mei itu,” ungkapnya.

Saat disingung mengenai rencana pengusulan nama Gatot Nurmantyo untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto atau Joko Widodo (Jokowi), Sukmo mengaku belum bisa mengatakannya. Sebab di masih menunggu hasil mukernas PBB pada 5 Mei mendatang. “Memang saya belum bisa berandai-andai kalau di posisi itu,” pungkasnya. (ce1/gwn/JPC/JPG)