PDAM Tirta Al-Bantani Target Pasang 3.300 Sambungan Baru

0
1.832 views
Direktur Utama PDAM Tirta Al-Bantani Kabupaten Serang Wahyu Prihantono.

SERANG – Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Al-Bantani Kabupaten Serang tahun 2017 menargetkan penambahan 3.300 sambungan atau pelanggan baru.

Direktur Utama PDAM Tirta Al-Bantani Kabupaten Serang Wahyu Prihantono menyatakan, penambahan pelanggan ini untuk memperluas layanan air bersih di 29 kecamatan di Kabupaten Serang.

“Kita akan menambah cakupan sebanyak 3.300 pelanggan dari jumlah pelanggan saat ini sebanyak 33.000 pelanggan. Kami akan lakukan perbaikan kualitas pelayanan di antaranya peremajaan pipa karena banyak keluhan dari pelanggan yang airnya kecil dan tidak sesuai lagi dengan kebutuhan , pemasangan pipa dengan mengganti jaringan lama dengan jaringan baru supaya pasokan air lebih baik,” kata Wahyu di kantornya, Kamis (9/3).

Saat ini PDAM Tirta Al-Bantani sedang melakukan terobosan baru yaitu pengambilan air baku untuk menanggulangi kekosongan air saat perubahan musim.

“Air baku merupakan komponen utama dalam penyedia air bersih. Saat ini, kasusnya di sepanjang saluran irigasi Pamarayan yang sering terjadi kekosongan dan Sungai Ciujung yang sering terkena dampak saat curah hujan tinggi. Kemudian saat adanya perawatan irigasi karena sering ada penutupan aliran air. Belum lagi kalau ada bencana tanggulnya jebol. Maka dari itu terobosan yang kami ingin lakukan yakni pengambilan air baku langsung dariĀ  sungai. Jadi tidak ada pengaruhnya jika kondisi apapun. Terkait dengan biaya, sampai saat ini masih kita hitung. Itu rencana kita meminta ke pemda untuk pembuatan waduk kecil,” paparnya.

Selain penambahan pelanggan, pihaknya akan melakukan penertiban tunggakan selama tahun 2012-2016 yang sampai saat ini nilainya berjumlah Rp 30 miliar.

“Maka dari itu kita harapkan masyarakat harus sadar bahwa PDAM juga memerlukan biaya untuk mejadikan air yang keruh menjadi bersih. Harusnya setiap tanggal 20 meraka harus sudah bayar. Kami berharap pelanggan yang menunggak itu harus nyicil. Mungkin Maret kita akan lakukan penertiban pencabutan. Semoga dengan ditambahkannya pelanggan baru tidak mengurangi pelanggan yang ditertibkan,” harapnya. (Wirda)