PDAM Tirta Albantani Rugi Rp5 Miliar

SERANG – PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang sepanjang musim kemarau mengalami kerugian sebesar Rp5 Miliar. Kerugian itu terjadi lantaran tidak bisa memberikan pelayanan air bersih kepada 7.000 pelanggan.

Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Komisi III DPRD Kabupaten Serang dengan mitra kerjanya di ruang paripurna DPRD Kabupaten Serang, Rabu (16/10).  Rapat dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Agus Wahyudiono dan dihadiri Asda II Pemkab Serang Adjat Gunawan, perwakilan OPD, dan pimpinan BUMD Kabupaten Serang.

Direktur Utama PDAM Tirta Albantani Wahyu Prihantono mengatakan, sepanjang musim kemarau ada sekitar 7.000 pelanggan PDAM yang tidak terlayani. Hal itu lantaran musim kemarau yang berkepanjangan dan proyek normalisasi irigasi Pamarayan Barat.

Karena persoalan itu, pihaknya juga mengalami kerugian yang cukup besar. Target pendapatan tidak tercapai hingga miliaran rupiah. “30 persen dari pendapatan kita tidak tercapai, kalau tidak salah evaluasi terakhir kita lost Rp5 miliar,” katanya.

Untuk mengatasi 7.000 pelanggan yang tidak terlayani air bersih, Wahyu mengaku hanya bisa memberikan bantuan air bersih melalui mobil tangki. Karena, irigasi pamarayan merupakan satu-satunya sumber air baku di Serang Timur. (Rozak)