PDIP Banten Sambut Kedatangan Megawati

0
49
Ketua DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah (kanan) bersama Sekretaris DPD PDIP Ananta Wahana (kedua kanan) saat melakukan konferensi pers terkait kedatangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, Selasa (31/10).

SERANG – Keluarga besar DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten hari ini menyambut kedatangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPD PDIP Banten, Ciracas, Kota Serang. Sedikitnya seribu kader partai moncong putih dikerahkan untuk menyambut Presiden kelima RI itu.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPD PDIP Banten Ananta Wahana saat jumpa pers di Kantor DPD PDIP Banten, Selasa (31/10). Menurut Ananta, kedatangan Megawati punya arti penting bagi pengurus dan kader PDIP Banten dalam menjalankan agenda politik jelang pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

“Ada tiga kegiatan yang dilaksanakan Ketua Umum di Banten besok (hari ini), yaitu melantik pengurus DPD PDIP Banten periode 2015-2020, memimpin, dan memberikan arahan langsung konsolidasi pemenangan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, serta melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Gedung Serba Guna (GSG) di belakang kantor DPD dengan nama Gedung Megawati Soekarnoputri,” kata Ananta.

Anggota DPRD Banten itu menuturkan, Megawati bertolak dari Jakarta ke Banten pukul 10.00 WIB dan direncanakan tiba di Kota Serang pukul 12.00 WIB melalui pintu Tol Serang Barat. Sebelum menemui kader PDIP Banten, Ketua Umum transit untuk makan siang di Rumah Makan Sari Kuring Ciracas. Lalu, pukul 13.00 WIB melantik pengurus DPD PDIP Banten yang baru. “Sekira 900 hingga seribu kader siap menyambut Bu Mega, proses pelantikan ini menjadi hal yang khusus dan akan menjadi momentum yang spesial untuk terus memompa seluruh kader dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, serta menegaskan pentingnya membuat partai hadir sebagai kekuatan kolektif gotong royong dalam hidup rakyat,” ungkapnya.

Ananta melanjutkan, usai pelantikan, Megawati langsung memberikan pengarahan dan orasi politik dalam rangka pemenangan Pilkada 2018 dan pemenangan Pileg dan Pilpres 2019. “Dengan arahan dari Ketua Umum, diharapkan seluruh kader dapat bahu membahu dan bekerja keras untuk memenangkan PDI Perjuangan di Provinsi Banten,” jelasnya.

Sebelum kembali ke Jakarta, kata Ananta, Megawati melakukan peletakan batu pertama pembangunan GSG, yang direncanakan selesai 1 November 2018. GSG yang dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi di belakang kantor DPD direncanakan dua lantai dengan kapasitas menampung seribu orang. “GSG ini akan dijadikan pusat manajemen organisasi dan akan didermakan sebagai fungsi sosial kemasyarakatan sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Banten,” urai Ananta.

Sementara Ketua DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah menjelaskan, dalam arahan dan orasi politiknya nanti, Megawati akan melakukan konsolidasi terkait rencana pilkada di dua kabupaten dan kota yang ada di Banten. “Ini terkait konsolidasi partai untuk memenangkan empat pilkada di Provinsi Banten,” katanya.

Adapun calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung PDIP Banten di Pilkada 2018, semuanya menunggu keputusan DPP. “Kami selaku pengurus DPD hanya mengusulkan dan membangun komunikasi politik dengan partai lain. Kami upayakan mengusung kader internal di Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang. Tapi, masih ada waktu sebelum DPP mengumumkan secara serentak usungan bakal calon di semua daerah,” ungkapnya.

Terkait pembangunan GSG, Asep mengatakan, gedung serba guna yang menggunakan nama Megawati itu berdiri di lahan seluas enam ribu meter persegi dengan anggaran dana sebesar Rp 8 miliar. “Ini kontribusi gotong royong, atas dasar kontribusi setiap kader PDIP di Banten,” jelasnya.

“Besok (hari ini) menjadi hari bersejarah bagi keluarga besar PDIP Banten, selain pelantikan pengurus baru, juga dimulainya pembangunan GSG yang sudah lama dicita-citakan. Termasuk sukses tidaknya PDIP Banten di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 ditentukan besok,” sambung Asep.

Rencananya, Megawati datang ke Banten didampingi Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta pengurus DPP lainnya.

“Karena ini acara internal, kami hanya mengundang kader PDIP se-Banten,” kata Asep saat ditanya terkait kehadiran gubernur, bupati dan wali kota. (Deni S/RBG)