PDIP Datangi DPP PAN, Bahas Duet Iye-Reno

0
1.409 views
Bakal calon Walikota Cilegon Reno Yanuar (tengah) saat bertemu Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto (dua dari kanan) bersama Ketua DPW PAN Banten Masrori (kiri) dan Ketua DPD PAN Alawi Mahmud (dua dari kiri) pada Jumat (19/6). Dalam pertemuan itu disebut-sebut membahas kemungkinan koalisi dua partai itu di Pilkada Kota Cilegon.

CILEGON – Upaya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memasangkan Reno Yanuar dengan Iye Iman Rohiman di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon semakin gencar.

Pekan lalu, jajaran elite PDIP Kota Cilegon mendatangi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk membahas duet Iye-Reno di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon nanti.

Informasi yang dihimpun, Reno Yanuar pun ikut hadir dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh elite DPP PAN Yandri Susanto, dan Ketua PAN Provinsi Banten Masrori.

Informasi kunjungan PDIP Kota Cilegon itu dibenarkan oleh Wakil Ketua PDIP Kota Cilegon Tb Amri Wardhana. Ia pun mengaku ikut dalam pertemuan tersebut.

“Kita silaturahmi dengan DPP PAN hari Jumat (19/6) minggu kemarin,” ujar Amri kepada Radar Banten, Senin (22/6).

Amri pun membenarkan jika dalam pertemuan tersebut dibahas soal dipasangkannya Iye Iman Rohiman dan Reno Yanuar.

Ia pun menyebutkan jika dari hasil pertemuan itu, duet Iye yang berada di posisi Bakal Calon Walikota dan Reno di posisi Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon semakin kuat.

Jika duet itu terjadi, kata Amri, koalisi antara PAN dan PDIP sudah cukup memenuhi batas minimal syarat mengusung pasangan Bakal Calon Walikota dan wakil Walikota Cilegon dari jalur partai politik.

“Apalagi Kalau PPP dan Demokrat bergabung, akan semakin kuat,” kata Amri.

Amri meyakini duet dua tokoh politik itu bisa terjadi karena selain komunikasi antar partai yang sangat baik, secara personal, komunikasi dengan Iye pun sama terjalin sangat baik.

Bahkan belum lama ini, PDIP serta Reno Yanuar pun melakukan pertemuan dengan Iye Iman Rohiman membahas hal tersebut.

Disinggung terkait PPP yang disebut-sebut mengarahkan dukungan pada Ratu Ati Marliati, menurut Amri hal itu bisa saja terjadi karena belum ada keputusan resmi dari partai tersebut.

Ia enggan mengomentari banyak terkait hal itu, namun menurutnya, kendati PPP jadi melabuhkan dukungan ke Ati, tidak akan memengaruhi duet Iye-Reno.

“Karena secara konstitusi kita sudah memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Merapatnya PDIP kepada koalisi PAN, PPP, dan Partai Demokrat tak ditampik oleh Ketua PAN Kota Cilegon Alawi Mahmud.

Dikonfirmasi Radar Banten, Alawi pun mengaku sedang menggodok dipasangkannya Iye Iman Rohiman dengan Reno Yanuar.

“Kemungkinan Iye Reno bisa saja, dan emang sedang dikaji, namun PAN punya mitra koalisi PPP dan Demokrat, saya ingin kehadiran PDIP ini disambut dengan hangat oleh teman-teman yang lain, khususnya Pa Iye,” ujar Alawi.

Baik secara pribadi maupun pimpinan di PAN, Alawi menyambut baik sikap PDIP, menurutnya, dengan merapatnya partai berlogo kepala banteng tersebut membuat mesin politik koalisi semakin kuat.

“PDIP punya kekuatan dengan empat kursinya (di DPRD Kota Cilegon),” ujar Alawi. (bam/air)