PDIP Lebak Belum Serahkan Rekomendasi Pengisian Unsur Pimpinan

Net. Ilustrasi
Net. Ilustrasi

LEBAK – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga saat ini belum menyerahkan surat rekomendasi pengisian unsur pimpinan DPRD Lebak. Untuk itu, Pimpinan DPRD Sementara hingga kini belum menyampaikan surat permohonan penetapan pimpinan DPRD definitif kepada Gubernur Banten melalui Bupati Lebak.

Wakil Ketua DPRD Lebak Ucuy Masyhuri mengatakan, dalam tata tertib DPRD Lebak Nomor 1 Tahun 2018, surat permohonan penetapan pimpinan definitif harus dikirim ke Gubernur melalui Bupati Lebak maksimal 20 hari setelah anggota dewan dilantik.

Kini waktunya sudah lebih dari 15 hari. Tapi surat rekomendasi dari PDI Perjuangan belum diterima pimpinan dewan sementara.

“Minggu ini surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP harus sudah diterima pimpinan dewan sementara. Karena, kita akan segera sampaikan kepada Gubernur Banten melalui Bupati Lebak,” kata Ucuy kepada wartawan di gedung DPRD Lebak, Rabu (11/9).

Politikus muda Partai Demokrat ini menyatakan, partai pemenang pemilu 2019 telah menyerahkan surat keputusan (SK) DPP Partai Gerindra.

Dalam SK tersebut, Dindin Nurohmat ditetapkan sebagai Ketua DPRD Lebak periode 2019-2024. Wakil Ketua I DPRD Lebak akan diisi Partai Demokrat. DPP Partai Demokrat memberikan amanah kepada dirinya untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Lebak. Sementara itu, Wakil Ketua III akan diisi politikus Partai Golkar, yaitu Nana Sumarna.

“SK atau surat rekomendasi dari tiga partai telah diterima pimpinan dewan sementara. Sekarang, kita tinggal tunggu surat rekomendasi dari PDIP,” ungkapnya.

Ucuy mengatakan, ke depan ada delapan fraksi di DPRD Lebak periode 2019-2024. Delapan fraksi tersebut, yakni Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Keadilan Sejahtera, Fraksi NasDem, dan Fraksi Persatuan Pembangunan. Sementara itu, Partai Perindo yang menempatkan satu orang anggota DPRD memilih gabung dengan Fraksi Gerindra. “Jadi, Fraksi Gerindra anggotanya menjadi sepuluh orang,” katanya.

Anggota Fraksi PDIP Agus Ider Alamsyah membenarkan, sampai Rabu (11/9) siang surat rekomendasi untuk pengisian unsur pimpinan DPRD Lebak belum keluar dari DPP PDIP.

Padahal, kata dia, surat usulan dari DPC PDIP telah dikirim ke DPP sejak satu bulan yang lalu. Nama yang diusulkan untuk mengisi pos Wakil Ketua II DPRD Lebak, yaitu Ketua DPC PDIP Junaedi Ibnu Jarta. “Sampai sekarang surat rekomendasi dari pusat memang belum keluar. Mudah-mudahan secepatnya surat tersebut kita terima dan disampaikan kepada pimpinan dewan sementara,” katanya. (tur/zis)