PDIP Targetkan Menang di Tiga Daerah

0
1.002 views
Hasto Kristiyanto (tiga kiri) didampingi Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi (kiri) berfoto bersama Ratu Tatu Chasanah (dua kanan) dan Irna Nurlita (kanan) saat pembukaan Rakerda PDIP Banten di kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, Sabtu (14/3).

SERANG – DPP PDI Perjuangan menargetkan kemenangan di tiga daerah pada pilkada serentak 2020 di Provinsi Banten. Target itu dianggap realistis sesuai hasil pemetaan DPP PDIP.

Tahun ini, diketahui ada empat daerah di Banten yang akan menggelar pilkada serentak. Di antaranya, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangsel, dan Kota Cilegon.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut ada tiga daerah yang ditargetkan menang pada pilkada 2020. Tetapi, Hasto enggan memerinci daerah tersebut. Hanya saja dia menilai peluang untuk menang sangat terbuka di Pilkada Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Tangsel.

“Di Banten ada empat daerah yang melaksanakan pilkada, paling tidak kita menang tiga daerah. Pilkada Kota Tangsel dan Kota Cilegon yang paling dinamis,” Hasto kepada wartawan usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I PDIP Provinsi Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Ciracas, Kota Serang, Sabtu (14/3).

Menurut Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, partainya secara nasional menargetkan kemenangan 60 persen di Pilkada 2020. “Target itu sudah realistis berdasarkan hasil pemetaan DPP. Kami optimis tercapai,” kata Hasto.

Untuk mewujudkan target DPP, Hasto mengintruksikan seluruh pengurus dan kader untuk merapatkan barisan dan bekerja keras termasuk di Provinsi Banten.

“Salah satu agenda Rakerda ini membahas strategi Pilkada 2020. Melalui kerja keras dan gotong-royong semua kader, target yang dipasang DPP Insya Allah tercapai,” ujarnya.

Saat ini, DPP telah merekomendasikan dukungannya di Pilkada Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang untuk mendukung calon petahana kembali. Pekan depan, DPP akan melanjutkan rapat untuk membahas dan memutuskan rekomendasi untuk Kota Tangsel dan Kota Cilegon.

“Untuk itu, penetapan calon juga menjadi penting, Senin besok kami akan mengerucutkan beberapa daerah dan akan segera mengumumkan rekomendasi,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah mengungkapkan, target yang ditetapkan DPP untuk menang di tiga daerah tidak terlalu sulit. “Harapan kami bisa menang di empat daerah. Tentu ini akan kami perjuangkan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, rekomendasi untuk para calon bupati dan wakil bupati telah dikeluarkan DPP dan telah diterima pengurus daerah. “Di Pilkada Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, DPP PDIP telah memutuskan untuk mengusung pasangan calon petahana,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Banten ini melanjutkan, rekomendasi untuk calon walikota Cilegon dan calon wakilnya, serta calon walikota Tangsel dan calon wakilnya akan dikeluarkan rekomendasinya oleh DPP paling cepat akhir Maret. “Rekomendasi untuk Pilkada Cilegon dan Tangsel akan dikeluarkan DPP paling lambat awal April mendatang,” ungkap Asep.

Ia melanjutkan, keputusan DPP sudah final untuk dua daerah. Untuk itu pengurus DPD dan DPC tegak lurus mematuhinya. “Pendaftaran calon memang masih lama, tapi DPP PDIP sengaja lebih cepat memutuskan pasangan calon yang akan diusung di Pilkada 2020 agar pengurus daerah lebih siap membangun komunikasi, mengonsolidasikan koalisi untuk berjuang bersama seluruh kader memenangkan pilkada 2020,” tegasnya.

Terkait peta koalisi, Asep mengaku partainya akan berkoalisi dengan beberapa partai yang mendukung pasangan calon yang diusung oleh PDIP. “Tentu saja PDIP akan berkoalisi dengan partai yang merekomendasikan dukungannya kepada calon yang akan diusung PDIP. Bisa jadi koalisi di Pilkada Pandeglang akan berbeda dengan koalisi di Pilkada Kabupaten Serang. Jadi koalisinya per daerah atas dasar kesamaan dukungan calon yang diusung,” pungkasnya. (den/nda/ags)