PDP Bukan Berarti Positif Corona

0
1.507 views
Ilustrasi Pixabay

Tampaknya belakangan kepanikan mengenai corona adalah pemandangan yang tak asing. Bahkan di beberapa tempat kepanikan itu berujung tindakan anarkistis. Itu semua terjadi karena tidak semua masyarakat paham betul keadaan saat ini, ditambah lagi istilah-istilah baru yang beredar tanpa pengetahuan mumpuni, membuat banyak orang dilanda takut dan cemas berlebihan sehingga stigma mulai terbentuk. Akhirnya beberapa orang yang pernah menyandang status PDP dijauhi bahkan terkesan diperlakukan tidak biasa oleh lingkungannya.

Para pembaca yang budiman, PDP bukan berarti sudah positif corona. Lalu, apa itu PDP?
PDP (Pasien Dalam Pengawasan) adalah :

  1. Seseorang yang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan demam 38 derajat celcius atau lebih, atau riwayat demam disertai salah satu tanda penyakit pernapasan seperti batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan. Dimana pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah yang terinfeksi corona.
  2. Orang dengan demam 38 derajat celcius atau lebih. Yang memiliki riwayat demam atau ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan penderita Covid-19.
  3. Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Saring kembali informasi yang anda dapat, karena salah atau benar informasi yang anda dapatkan akan mempengaruhi pilihan dan keputusan yang berefek besar terhadap diri anda dan orang lain.

dr. Murni Diasfara
Dokter RSUD Kota Serang, Anggota IDI Serang