ADU CEPAT: Pembalap memacu kuda besinya di lintasan sirkuit KP3B pada kejuaraan drag bike open 2018 piala Danrem 064/My, Curug, Kota Serang, Minggu (29/4). (Qodrat/Radar Banten)

SERANG – Delapan pebalap Banten mampu bersaing dan naik podium pada Kejuaraan Drag Bike Open 2018 Piala Danrem 064 Maulana Yusuf yang dilangsungkan di lintasan sirkuit KP3B, Curug, Kota Serang, Sabtu-Minggu (28-29/4).

Single event yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kodam III Siliwangi dan HUT ke-52 Korem 064 MY mempertandingkan total 20 kelas.

Dari 20 kelas yang dipertandingkan dan diikuti 680 starter, tujuh kelas lainnya merupakan kelas paling bergengsi drug bike open. Itu lantaran diikuti pebalap dari luar Banten seperti Bandung, Surabaya, Malang, Solo, Bekasi, Depok, dan Jakarta.

Dari tujuh kelas bergengsi tersebut, dua pebalap Banten sukses menjadi juara pertama. Yakni Putra Serang (Serang) yang berhasil menjadi juara di kelas bebek 4T 200 cc tune up open dan Ali Jabir asal Tangerang sukses menjadi yang terbaik di kelas bebek 4T 130 cc tune up open.

 Mengomentari hasil kejuaraan tersebut, Komandan Korem (Danrem) 064 MY Kolonel Czi Budi Hariswanto mengatakan, selain menjadi rangkaian dari memperingati HUT Kodam III Siliwangi dan HUT Korem 064 MY tahun 2018, ajang ini juga sekaligus menjaring atlet-atlet drag bike Banten yang potensial.

“Selain tujuan di atas, ajang ini juga menjadi wadah pembinaan bagi atlet balap motor lokal Banten. Dan juga sekaligus mencegah atau meminimalisir balapan liar. Ini akan menjadi ajang atau agenda rutin,” terang Budi kepada awak media usai membuka event di lintasan sirkuit KP3B, Curug, Kota Serang, Minggu (29/4).

Budi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atau instansi yang terlibat langsung atau mendukung kegiatan ini. “Ke depan kami berharap ada peningkatan peserta sehingga lebih meriah,” timpalnya.

Untuk tahun ini, panitia juga memberikan apresiasi tinggi kepada klub karena target awal panitia hanya 500 starter, tapi ternyata total ada 687 starter. “Mudah-mudahan melalui ajang ini bisa menghasilkan atlet balap motor Banten yang berprestasi. Karena kami bekerja sama dengan Pengprov IMI Banten,” terangnya.

    Sementara itu, Ketua Umum Pengprov IMI Banten Tb Roy Fachroji Basuni menyatakan, ajang ini sangat membantu pihaknya dalam mengembangkan potensi atlet balap motor di Banten.

Alhamdulillah, ajang ini memberi dampak dan hasil positif buat kami (Pengprov IMI Banten-red). Melalui ajang ini, kami menemukan banyak potensi lokal,” pungkasnya. (dre/ful/dwi)

TERATAS DI KELASNYA

  • Wage Child (Tangerang) posisi kedua kelas RX King 140 cc frame standard open.
  • Irwan Menel (Pandeglang) posisi kedua di kelas bebek 4T 130 cc tune up open.
  • M. Mele (Pandeglang) posisi ketiga kelas bebek 4T 130 cc tune up open.
  • Agus Kure (Cilegon) posisi keempat kelas bebek 4T 130 cc tune up open.
  • Agung Ceria (Tangerang) posisi kelima di kelas RX King 140 cc frame standar pemula.
  • E Maulana (Tangerang) posisi kelima di kelas RX King 140 cc frame standard open.

Kelas Khusus

  • Ryan Hidayat (Private) Juara kelas sprot 2T 150 cc standar pemula Banten
  • F Bagol (Tangerang) juara kelas matik 200 cc TU pemula Banten
  • Eza Cemong (Private) juara di kelas bebek 4T 200 cc TU non DOHC.
  • Aziz Rahman (Serang) Juara kelas bracket 9 detik.
  • Rakhamdani (Cilegon) Juara di kelas bracket 9 detik mekanik.
  • Agus Setiawan Juara di kelas bracket 10 detik.

Sumber: Panpel Drag Bike Open 2018