Pebulu Tangkis asal Lebak Duduki Peringkat Satu Nasional

Damas Mawardi Putra

LEBAK – Pebulu tangkis asal Kabupaten Lebak, Damas Mawardi Putra, mengukir prestasi di tingkat nasional. Damas menduduki peringkat pertama nasional kategori remaja 15 tahun. Prestasi Damas diapresiasi oleh Pengcab Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan KONI Kabupaten Lebak.

Informasi yang diperoleh Banten Raya (grup Radar Banten), Damas merupakan atlet binaan PB Chandra Wijaya Jaya Baya (CWJB) Kabupaten Lebak. Hingga 2 Januari 2019, ia telah mengoleksi poin 4.695. Muhammad Halim As Sidiq asal Jawa Timur menyusul pada peringkat kedua dengan poin sama, 4.695. Pada peringkat ketiga nasional, ditempati oleh Jason Christ Alexander asal DKI Jakarta dengan 4.440 poin.

Ketua Harian KONI Kabupaten Lebak Dani Wardani menjelaskan, ranking satu nasional itu diperoleh Damas setelah menuai sukses pada kejuaraan bulu tangkis nasional dan internasional kurun tahun 2018. “Terakhir, (Damas-red) ikut kejuaraan bulu tangkis di luar negeri, saya lupa nama negaranya. Kalau tidak salah mah bulan Desember kemarin (2018-red). Karena, keluar poin peringkat satu nasional ini kan setiap akhir tahun. Poin-poin hasil kejuaraan dijumlahkan,” jelas Dani, Minggu (6/1).

Ia menuturkan, peringkat pertama nasional yang digapai Damas menjadi sejarah buat dunia bulu tangkis di Kabupaten Lebak. “Ini yang pertama kali buat Damas meraih peringkat pertama dan untuk Kabupaten Lebak atletnya menduduki ranking satu nasional. Ini sejarah buat Lebak juga. Makanya, kami sangat bangga karena Damas dibina dan dibiayai sejak kelas II SD sampai sekarang kelas III SMPN 9 Rangkasbitung,” tuturnya.

Karena itu, Dani berpesan kepada Damas agar terus meningkatkan kualitas bermainnya melalui latihan rutin di CWJB Kabupaten Lebak. Mempertahankan peringkat satu nasional, lanjutnya, lebih berat dibandingkan merebutnya. “Jangan berpuas diri dengan hasil ini. Teruslah berlatih, berlatih, dan giat berlatih karena karir Damas masih sangat panjang,” pesan Dani.

Dani janji, KONI Kabupaten Lebak akan selalu mendukung setiap patriot olahraga Lebak yang sukses mempersembahkan prestasi cemerlang. “Pemkab, KONI, dan PSSI Kabupaten Lebak akan men-support sekemampuan kami. Ke depan akan kami carikan sponsor untuk membiayai Damas dalam mengikuti setiap kejuaraan, baik di dalam maupun di luar negeri. Kalau mengandalkan dari klub, kan tahu sendiri. Makanya, kami akan upayakan supaya prestasi Damas terus meningkat,” ujarnya.

Ketua Peningkatan Prestasi (Binpres) KONI Kabupaten Lebak Aliboy pun mengaku gembira dengan torehan prestasi yang diukir oleh Damas. “Prestasi yang bagus, apalagi Damas salah satu atlet binaan putra daerah Lebak. Mudah-mudahan prestasi ini memotivasi atlet-atlet lainnya sehingga ke depannya muncul Damas-Damas lainnya,” harapnya. “Sebagai Binpres, saya bangga karena ini peringkat satu nasional. Saya berpesan tetap giat latihan supaya ke depan masuk pelatnas pratama,” ucap Aliboy kepada Damas. (BRP/RBG)