Pecatur Banten Ikuti Seleknas

Alya Sekar Kinarsih

SERANG – Dua pecatur putri asal Banten masuk dalam daftar atlet seleksi nasional (seleknas) di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Pusat Bekasi, 27 hingga 29 Januari 2019. Dua atlet itu bakal bersaing dengan 18 atlet catur lain seluruh Indonesia demi meraih tiket bertanding di Sea Games XXX/2019. 

Dua atlet itu, yakni Nur Aini Rasyid dan Alya Sekar Kinarsih. Terpilihnya Aini lantaran pada Kejurnas Catur ke-47 2018 junior putri C meraih juara ke-1. Sementara, Alya meraih juara ke-3 di Kejurnas Catur ke-46 2017 junior putri A.

“Kedua atlet itu memang sebagai atlet terbaik yang dimiliki Banten. Mereka para juara Kejurnas di Aceh. Setidaknya, harapan kita kedua atlet tersebut bisa lolos seleksi dan mewakili Indonesia untuk Sea Games 2019,” kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Banten Edi Iriadi dihubungi Radar Banten, Minggu (20/1).

Dua atlet itu harus tiba di SCUA Pusat Bekasi pada Minggu (27/1). Lalu, mengikuti technical meeting dan pertandingan babak 1 sampai 5. Babak 6 hingga 9 dan pengumuman altlet yang lolos Pelatnas Sea Games 2019 dilanjutkan pada Senin (29/1). “Alya Sekar Kinarsih atlet asal Kabupaten Serang dan Nur Aini Rasyid asal Kabupaten Tangerang, menjadi tumpuan harapan Banten,” kata Edi.

Edi optimistis Nur mampu bersaing dengan atlet asal provinsi lain selama proses seleknas nanti. Soalnya, hanya Nur, pecatur Banten yang masuk program unggulan KONI Banten yakni pelatda jangka panjang (PJP). “Nur Aini dan Sekar ini juga andalan Banten yang dipersiapkan untuk Pra PON 2019 dan PON 2020 di Papua,” jelas Edi.

Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo berharap pecatur asal Banten dapat membela Indonesia dalam ajang kejuaraan internasional.

“Kita sangat apresiasi untuk kedua atlet itu. Semoga bisa membawa hasil, dan bergabung ke pelatnas untuk menjadi kontingen Indonesia. Kita tentunya sangat men-support, agar mereka tembus menjadi atlet nasional dan mengharumkan nama Banten,” harapnya.

Dia menilai setiap tahun prestasi atlet catur di Banten terus meningkat. Grafik peningkatan prestasi itu lantaran pembinaan para pecatur di Banten berjalan baik. “Dengan dipanggilnya atlet Banten untuk seleksi Sea Games, berarti prestasi kita terus meningkat. Saya ucapkan terimakasih untuk kedua atlet dan pengurus provinsi catur di Banten,” katanya. (Riko B/RBG)