Peduli Kampung, Warga pun Iuran Rp9 Juta Lebih

0
450 views

CARENANG – Partisipasi warga terhadap kampungnya sebuah keharusan. Dan itu ditunjukkan oleh warga RW 04, Kampung Pengasinan, Desa Walikukun, Kecamatan Carenang. Mereka iuran. Uang Rp9 juta lebih pun terkumpul. Dampak pandemi Covid-19 tidak menjadi kendala.

Keseriusan warga RW 04 pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 bukan isapan jembol. Partisipasi mereka ditunjukkan saat tim peliputan Radar Banten mengunjungi kampung ini pada Selasa (29/9). Bak penyambutan terhadap tim juri LKBA, Radar Banten yang didampingi Kepala Desa Walikukun Asep Faturrohman, disambut oleh anak-anak yang berbaris memanjang di pinggir jalan. Ibu-ibu, bapak-bapak, dan pemuda RW 04 pun ikut berkumpul.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Walikukun sekaligus Ketua Penggerak Lingkungan RW 04 Dewi Ratnasari mengakui kekompakan warga yang sangat besar pada LKBA. ”Swadayanya aja sampai hampir dapat Rp10 juta,” katanya.

Uang warga itu, jelas Dewi, telah digunakan untuk membangun spot-spot untuk mempercantik RW 04. Di antaranya, taman bunga, terowongan dari bambu, dan taman ruang tamu. Bahkan, saat ini warga sedang membangun gapura permanen.

”Catatan nama-nama warga yang iuran sedang kami rekap,” ujar Dewi.

Ia mengaku tidak menyangka jika hasil iuran warga itu bisa melebihi target. Saat rapat perencanaan penataan lingkungan RW 04, pertengahan Agustus lalu, ia menargetkan tidak lebih dari Rp3 juta. Pertimbangannya, dampak pandemi virus corona belum berakhir.

Partisipasi warga itu terkumpul setelah pemuda RW 04 mengumpulkannya dengan berkeliling dari rumah ke rumah. ”Ada yang ngasih lima ratus ribu, sejuta, ada juga yang nyumbang semen lima sak,” ungkap Dewi.

Ketua RW 04 Muhana menambahkan, bukan hanya swadaya warga berupa uang dan barang. Warganya juga ikut menyumbangkan tenaga saat gotong royong menata kampung. Setiap warga sudah memiliki rasa tanggung jawab sendiri untuk ikut berperan.

”Kalau yang enggak bisa ikut kerja bakti, dia nanti nyumbang uang. Itu atas keaadaran sendiri,” terang Muhana. (mg06/don)