Peduli Lingkungan, Pemdes Galakkan Program Jumsih

KOSAMBI – Pemerintah Desa Rawa Burung terus mengalakkan program peduli lingkungan lewat Jumat Bersih (Jumsih) kepada seluruh warganya.  Program yang sudah berjalan sejak tahun lalu tersebut sebagai gerakan masyarakat sadar kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah. “Allhamdulillah dengan edukasi program Jumsih, kini masyarakat yang buang sampah sembarangan dipinggir jalan dan aliran sungai Cisadane tak ada lagi. Mari sama-sama menjaga lingkungan disekitar kita,” kata Bajuri Penjabat Sementara Kepala Desa Rawa Burung yang ditemui di kantor desa, Rabu (2/10).

Dia menjelaskan, Jumsih digalakkan seminggu sekali yakni tepatnya setiap hari Jumat. Semua masyarakat diwajibkan terlibat dalam program ini. Sedangkan untuk menunjang jalannya program Jumsih, Pemdes sudah menyediakan sembilan titik pembuangan sampah sementara di sepanjang jalan raya Rawa Burung persis dipinggir sungai Cisadane. “Pembuangan sampah tersebut hingga kini kami rawat dengan melakukan tambal sulam tembok dan dicat. Hingga sekarang masih bisa digunakan untuk menampung sampah-sampah masyarakat setiap harinya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bajuri, pihaknya juga menyediakan bak sampah disetiap RT. Totalnya diperkirakan ada 32 bak sampah yang terbagi di 12 RW. Teknisnya, setiap sampah yang terkumpul akan diangkut satu minggu sekali yakni setiap Selasa oleh petugas kebersihan dari kecamatan. Pihaknya juga menugaskan empat petugas khusus untuk membersihkan aliran sungai dari sampah dan rumput liar, eceng gondok, agar aliran airnya lancar.

Di samping penanganan sampah, Bajuri mengaku, saat ini sedang berencana membangun gedung sarana olahraga untuk menunjang kegiatan masyarakat terutama di bidang olahraga. Apalagi di Desa Rawa Burung banyak potensi berprestasi di bidang olahraga terutama Bulutangkis. Dengan adanya gedung sarana olahraga, diharapkan bisa meningkatkan prestasi anak-anak muda di desa tersebut. (pem/rb/adm)