Pegawai BPBD Pandeglang Harus Sigap Hadapi Bencana

0
156 views
Sekda Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin (kanan) memberikan arahan kepada puluhan pegawai BPBD Kabupaten Pandeglang, Selasa (6/8). Humas Pemkab Pandeglang For Radar Banten.

PANDEGLANG – Puluhan pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diberikan arahan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin di aula kantor tersebut, Selasa (6/8). Kegiatan itu sengaja dilakukan, agar para personel di instansi tersebut lebih sigap dalam menghadapi bencana.

Menurut Pery, para personel BPBD harus bisa menjadi garda terdepan menangani bencana, guna meminimalisir kerusakan dan korban jiwa. Kesiapsiagaan, kata dia, wajib dimiliki para personel agar penanganan bencana berjalan lancar dan cepat. “Personel kita sudah sigap, tadi hanya memberikan arahan agar lebih sigap lagi,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (6/8).

Pery menginstruksikan kepada semua pegawai BPBD agar terus bekerja optimal dan langsung menindaklanjuti aduan bencana dari masyarakat. “Kita harus bisa segera merespons aduan atau informasi bencana, apapun bentuknya. Jangan sampai ada penanganan bencana yang terlambat dilakukan, karena bisa berakibat buruk. Intinya, personel kita sudah bagus, tinggal kita tingkatkan lagi agar jauh lebih bagus,” katanya.

Selain memberikan arahan, kata Pery, dirinya juga membahas mengenai penanganan potensi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dan bencana lainnya. Soalnya, kata dia, Pandeglang masuk dalam kategori rawan bencana dan harus ditindaklanjuti agar masyarakat tetap merasa aman. “Semuanya kita bahas, potensi bencana, penanganan bencana, penanganan pasca bencana, termasuk evaluasi kinerja para pegawai, kita bahas semuanya,” katanya.

Pery memastikan, penanganan bencana di Kabupaten Pandeglang bisa berjalan dengan baik dan optimal, karena memiliki petugas yang sigap, serta banyak relawan kebencanaan di semua wilayah Pandeglang. “Kita bisa pastikan penanganan bencana di Pandeglang berjalan baik, karena ketika terjadi bencana semua personel langsung bergerak dan melakukan penanganan,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang Deni Kurnia mengatakan, kemampuan para personel BPBD Pandeglang sangat baik dan langsung menindaklanjuti aduan bencana. Misalnya, kata dia, penanganan gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Sesaat setelah gempa terjadi, semua personel kita langsung turun ke lokasi untuk melakukan penanganan bencana sekaligus memastikan warga Pandeglang tidak menjadi korban bencana tersebut. Jangan salah kalau ada yang bilang kita tidak tanggap dalam menangani bencana,” katanya. (dib/zis)