Pegawai Kesra Kota Serang Siap Maju di Pilkot 2018

Lukman Hakim

SERANG – Kepala Sub Bagian Bina Keagamaan pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Serang yang juga Ketua Umum Barisan Ulama Muda Indonesia (BUMI) Provinsi Banten, Lukman Hakim menyatakan siap untuk maju di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilkot) Serang 2018.

“Dari kasepuhan, para kiyai, ustad dan pengurus mendorong saya maju di Pilkada Kota Serang 2018. Tapi sejauh ini, saya belum merapat ke partai lain. Saya silaturhami dulu dengan tokoh, kiyai, ustad, santri apakah benar mereka menginginkan saya maju. Kalau diinginkan maju, untuk posisi bisa di walikota atau wakil walikota,” kata Lukman melalui sambungan telepon seluler, Selasa (21/3).

Lukman menjelaskan, ia maju karena para kiyai serta ustad mengharapkan, terutama di bidang keagamaan di Kota Serang, lebih muncul nilai-nilai madani, nilai religiusnya dengan mengikutsertakan mereka. “Mereka berharap dilibatkan dalam pembangunan, suara-suaranya bisa diturutsertakan dalam pembangunan di Kota Serang. Sebenarnya ini amanah cukup berat bagi saya,” katanya.

Sementara, terkait statusnya yang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Lukman mengungkapkan, dalam pencalonan tersebut polanya seperti pencalonan Ridwan Kamil, walaupun menjadi calon tapi tidak menjadi anggota partai manapun. “Jadi bisa mengajukan cuti di luar tanggungan negara, yang penting ada rekomendasi partai pengusung. Dibawa ke BKD untuk mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Tapi tetap statusnya ASN, kalau terpilih maka mengajukan pensiun dini, kalau gak terpilih balik lagi jadi ASN,” tuturnya.

Jadi, kata Lukman, tetap pencalonan di jalur partai, tapi tidak menjadi anggota. “Namun sekarang partainya belum muncul, lihat perkembangannya nanti. Saya juga masih menyerap aspirasi dari bawah dulu, apabila menghendaki saya, ya siap,” katanya.

Untuk dukungan yang sudah pastinya, menurut Lukman, datang dari kalangan ulama, ustad, kiyai, peserta majelis taklim dan pengurus BUMI Banten. “Selain itu ada dukungan dari pihak lainnya juga, dan kami tidak mengabaikan itu,” ujar Lukman.

Sementara itu, Sekretaris Umum BUMI Banten Asep Suryadi juga mendukung penuh atas pencalonan Lukman Hakim pada Pilkada Kota Serang. “BUMI Banten berencana mengusung Ketua Umum kami H Lukman Hakim untuk menjadi Walikota Serang pada Pilkada 2018. Kami sudah sepakat mengusung beliau. Sesuai arahan abuya-abuya atau guru-guru besar kami, Ketum dimajukan di posisi nomor satu atau sebagai calon walikota, tapi kami juga akan melihat situasi selanjutnya,” ujarnya.

Asep mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan guru-guru besar BUMI Banten dan bersepakat untuk mendukung Lukman Hakim maju di Pilkada Kota Serang.

“Secara keilmuan beliau (Lukman Hakim) juga mumpuni, religiusitas juga, memiliki figur kepemimpinan, ketokohan juga. Dan di kepengurusan kami yang masuk birokrasi hanya beliau,” katanya.

Untuk dukungan suara, Asep mengatakan, BUMI Banten juga sudah memiliki kepengurusan di enam Kecamatan di Kota Serang. Sudah ada majelis anak cabang di setiap kelurahan dan kecamatan, serta banyak cabang-cabang di bawah atau sudah sampai ke ranting-ranting. “Kalau hitung keseluruhan untuk para pimpinan dan ulama ponpes yang masuk BUMI Banten saja sudah 1.000 orang, belum lagi santri-santrinya, dan jamaah beserta keluarganya,” ujarnya.

Menurut Asep, ketika ada pendaftaran di partai, rencananya semua partai akan dilamar. “Saat ada pembukaan pendaftaran kami akan lamar. Adapun hal-hal lain nantinya itu bagimana kami dengan partai, nanti kan ada posisi tawar. Bahkan kalau perlu mengarah ke calon independen juga kami siap bergerak, kami siap kumpulkan KTP,” katanya. (Ade F)