Pegawai Pemkab Serang Panik Begitu Mendengar Suara Ledakan

0
732 views
Seorang petugas BPBD berperan sebagai korban bencana pada simulasi kesiapsiagaan bencana di halaman Pemkab Serang, Jumat (26/4).

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Jumat (26/4), menyelenggarakan simulasi kesiapsiagaan bencana di kawasan Sekretariat Pemkab Serang.

Pada simulasi kali ini tidak diberitahukan kepada para pegawai yang berdinas di Sekretariat Pemkab Serang. Begitu simulasi dimulai dengan suara ledakan kencang dari arah lapangan upacara, ratusan pegawai panik dan berhamburan ke luar gedung.

Kemudian, seorang wanita berbaju batik tiba-tiba pingsan di halaman Pemkab Serang. Pemeran simulasi itu kemudian digotong oleh beberapa rekannya. Situasi itu semakin membuat para pegawai panik. Para pegawai saling bertanya terkait kondisi yang sedang terjadi.

Melalui pengeras suara, para pegawai diarahkan ke halaman pendopo bupati Serang. Kemudian, sejumlah armada pemadam kebakaran datang dan memasang saluran pemadam.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, simulasi tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi risiko bencana. Simulasi dilakukan serentak di setiap gedung pemerintahan di Indonesia.

Nana mengaku sengaja tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada pegawai Pemkab Serang terkait agenda simulasi tersebut. Pihaknya ingin melihat tindakan apa yang dilakukan pegawai ketika ada bencana. “Sehingga, masyarakat dapat memahami apa dan harus berbuat apa ketika ada bencana,” ujarnya. (Abdul Rozak)