Pekan Depan Polda Banten Dikukuhkan Tipe A

Kapolda Banten Brigjen Pol Tomsi Tohir (tengah) memberi sambutan saat silaturahmi bersama insan pers di Mapolda Banten, Jumat (20/11).

SERANG – Perubahan status Polda Banten dari tipe B menjadi tipe A bakal dikukuhkan pekan depan. Rencana pengukuhan itu bakal dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Untuk rencana pengukuhannya, kalau tidak ada perubahan tanggal 7 Desember 2018, bapak Kapolri yang akan kesini,” kata Kapolda Banten Brigjen Pol Tomsi Tohir usai bincang-bincang bersama awak media, Jumat (30/11).

Sementara, terkait usulan Polres Metro Tangerang dan Polresta Tangerang Kota bergabung dibawah Polda Banten, Tomsi mengaku masih menunggu keputusan dari Mabes Polri. “Nanti, saat pengukuhan itu bisa dijelaskan. Karena, kan surat-surat apa administrasinya itu sedang dibuat untuk persiapan pengukuhan hari H-nya itu,” kata Tomsi.

Namun, Tomsi memastikan tidak ada perubahan wilayah hukum bagi Polres dibawah Polda Banten atas perubahan statusnya menjadi tipe A. “Tidak ada perubahan wilayah hukum,” kata Tomsi.

Sebelumnya, Tomsi menyatakan perubahan Polda Banten menjadi tipe A harus diikuti juga oleh peningkatan profesionalisme. “Profesionalismenya harus kelihatan, operasionalnya harus seperti Polda lain (tipe A-red),” ucap Tomsi.

Sejauh ini, personel Polda Banten berjumlah sekira 6 ribu orang atau baru terisi 56 persen dari daftar susunan personel (DSP). “Jadi, ada istilah yang dikenal DSPP dan ril. Rilnya baru 56 persen terisi, jadi kita masih butuh banyak lagi. Kalau hitungannya betul (jumlah ideal 12 ribu-red),” jelas lelaki berdarah Lampung itu.

Tomsi juga menyoroti pengawasan terhadap pelabuhan tikus yang tersebar di sepanjang pesisir pantai Banten. Pelabuhan tikus itu ditengarai sebagai akses masuk barang-barang ilegal, salah satunya narkotika. “Di kita ada 24 pelabuhan tikus atau pelabuhan yang biasa digunakan nelayan. Pelabuhan itu bukan hanya bisa didarati barang (berlabuh-red),” kata Tomsi. (Merwanda/RBG)