Pekijing, Menuju Kampung Wisata

TAKTAKAN – Asri, indah, dan penuh warna sudah terasa di Lingkungan Pekijing, RT 07 RW 03, Kelurahan Kalang Anyar, Kecamatan Taktakan. Melalui Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warga perkampungan ini telah mengubah lingkungan yang sebelumnya kumuh. Pekijing diproyeksikan menjadi kampung wisata 

Diceritakan Ketua RT 07 RW 03 Muhamad, sejak LRLA Kota Serang 2020 disosialisasikan pada Februari 2020, warganya langsung membuat jadwal gotong royong setiap hari. Mereka bersemangat mengubah dan menata lingkungannya.

“Selain niatnya untuk lomba (LRLA-red), kita niatkan juga membuat kampung wisata,” jelas Muhamad kepada Radar Banten, Kamis (2/4).

Padahal, kata Muhamad, sebelum ditunjuk menjadi salah satu perwakilan Kelurahan Kalang Anyar di LRLA Kota Serang 2020, warga Pekijing tak peduli dengan sampah yang berserakan. Rumput yang tumbuh lebat di selokan pun tak dihiraukan.

“Alhamdulillah, LRLA bikin warga sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Muhamad.

RT 07 RW 03, Lingkungan Pekijing, pun sudah membentuk kelompok pemuda penggerak lingkungan. Bahkan, Lurah Kalang Anyar Anis Rohman disebutkan telah mengesahkannya melalui surat keputusan (SK).

Edi Suryadi yang ditunjuk sebagai Ketua Kelompok Pemuda Penggerak Lingkungan Pekijing, menjelaskan bahwa warga di lingkungannya sudah membuat dua gapura, di depan dan belakang kampung. Kemudian, terowongan bambu warna-warni, ruang terbuka hijau (RTH), toilet umum, pemagaran jalan, serta penanaman pohon di pekarangan rumah warga. “Pekijing sudah layak dijadikan destinasi wisata alam di Kota Serang,” tandas Edi.

Sementara itu, Lurah Kalang Anyar Anis Rohman mengaku bangga pada semangat warga RT 07 Rw 03, Lingkungan Pekijing, yang telah mengubah wajah kampungnya jauh lebih baik. Ia berencana, akan menyediakan tong sampah bagi warga perkampungan ini.

“Pokoknya, setelah LRLA berlangsung, kita akan deklarasikan Pekijing jadi kampung wisata,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat Pekijing, Dedi Wahyudi, menambahkan bahwa sejak LRLA digulirkan, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di kampungnya menjadi berjalan. “Kami merasakan dampak positif luar biasa dari lomba ini,” ujarnya saat didampingi Bhabinkamtibmas Pekijing Brigpol Yana Andriyana dan Babinsa Pekijing Sertu Widodo. (mg06/don)