Pelaksanaan Festival Seni Multatuli Dimatangkan

0
215 views
Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Lebak Wawan Sukmara memberikan sambutan pada acara lokakarya penguatan kapasitas penyelenggaraan Festival Seni Multatuli (FSM) tahun 2019, di Aula Museum Multatuli, Jumat (2/8). Foto Dindikbud Kabupaten Lebak for Radar Banten

RANGKASBITUNG – Pemkab Lebak terus mematangkan persiapan Festival Seni Multatuli (FSM) tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 2-3 September mendatang.

Terkait rencana kegiatan itu, Pemkab melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) beserta tim platform kebudayaan Indonesiana menggelar lokakarya penguatan kapasitas penyelenggaraan Festival dalam Platform Indonesia 2019 bertempat di Aula Museum Multatuli, Jumat (2/8).

Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Lebak Wawan Sukmara mengatakan, Festival ini merupakan festival tahun ke-2 yang digelar di Kabupaten Lebak di bawah naungan Indosiana Platform yang akan didorong selama tiga tahun ke depan.

“Pada penyelenggaran tahun kedua ini, kami mencoba untuk mengevaluasi dari kegiatan FSM tahun lalu. Meskipun sudah mendapat nilai A oleh Kementerian, upaya itu tetap dilakukan karena kami sadar masih banyak kekurangan dalam festival tersebut,” kata Wawan, kemarin.

Dia menerangkan, setelah kegiatan tersebut akan ada kegiatan lain seperti workshop dengan tujuan agar ketertarikan pihak lain, seperti dari manca negara maupun nasional semakin kuat.

“FSM ini merupakan bagian dari potongan puzle untuk meneguhkan komitmen sekaligus ikhtiar masyarakat Lebak,” kata Wawan.

Sementara itu, Tim Ahli Knowledge Management Indonesiana Anung Karyadi mengatakan, bahwa Lebak merupakan daerah yang cukup menarik. Oleh karena, daerah ini merupakan salah satu kota yang berani mengangkat sastra yang mulai tersisihkan.

“Workshop ini merupakan satu-satunya tempat dimana kegiatan seperti ini sebagian besar diikuti anak muda. Program ini merupakan festival, tapi ini merupakan program aksi dari undang-undang kemajuan kebudayaan,” katanya. (nce/zis)